Hitstat

17 June 2017

Wahyu - Minggu 19 Sabtu



Pembacaan Alkitab: Why. 12:1-17
Doa baca: Why. 12:14
Kepada perempuan itu diberikan kedua sayap dari burung nasar yang besar, supaya ia terbang ke tempatnya di padang gurun, di mana ia dipelihara jauh dari tempat ular itu selama satu masa dan dua masa dan setengah masa.


Sekarang kita perlu meninjau penganiayaan yang dilakukan naga itu. Naga itu akan dilemparkan dari surga ke bumi (ayat 9-10, 13). Seperti yang telah kita katakan, hal ini belum terjadi karena anak laki-laki masih belum dilahirkan dan diangkat ke surga. Tetapi pada suatu hari, anak laki-laki akan dibangkitkan dan diangkat, dan Iblis akan dilemparkan. Setelah Iblis dilemparkan ke bumi, ia tahu bahwa "waktunya sudah singkat" (ayat 12). Waktu yang singkat di sini mengacu kepada tiga setengah tahun kesusahan besar (ayat 14; 13:5; 11:2).

Naga itu akan menganiaya perempuan yang melahirkan anak laki-laki tersebut. Iblis akan memusatkan semua kebenciannya ke atas diri umat Allah. Karena itu, saya menganjuri Anda bersiap-siap menjadi pemenang. Kalau tidak, Anda akan menjadi bagian dari perempuan yang ditinggalkan yang akan mengalami sebagian besar dari tiga setengah tahun itu. Pada saat itu, Anda akan menghadapi naga yang marah besar.

Dalam ayat 15 "air" melambangkan bala tentara yang akan diutus Iblis untuk memusnahkan umat Allah (Yes. 8:7-8; 17:12-13; Yer. 46:7-9; 47:2-3). Iblis akan mengucapkan sepatah kata kepada raja-raja di bumi ini agar menghimpun seluruh tentara mereka dan menganiaya umat Allah. Ketiga roh najis yang menyerupai katak akan keluar dari mulut naga, dari mulut binatang itu, dan dari mulut nabi palsu (16:13). Roh-roh najis ini akan "pergi mendapatkan raja-raja di seluruh dunia, untuk mengumpulkan mereka guna peperangan pada hari besar, yaitu hari Allah Yang Mahakuasa" (16:14). Roh-roh itu akan menghasut raja-raja pemberontak agar mereka mengirimkan pasukan tentara mereka untuk menganiaya umat Allah, yaitu orang-orang Yahudi dan orang-orang Kristen yang setia.

Burung nasar yang besar dalam ayat 14 melambangkan Allah, dan kedua sayap melambangkan kekuatan penyelamatan Allah (Kel. 19:4; Ul. 32:11-12). Sebagaimana Allah memimpin bani Israel terlepas dari penganiayaan Firaun, demikian pula Ia akan memimpin umat-Nya terlepas dari penganiayaan Iblis dalam kesusahan besar. Allah Yang Mahakuasa akan memberi umat-Nya kekuatan ilahi untuk terlepas dari penganiayaan Iblis.

Ayat 16 mengatakan, "Tetapi bumi datang menolong perempuan itu. Ia membuka mulutnya, dan menelan sungai yang disemburkan naga itu dari mulutnya." Pada saat itu bumi akan membuka dan menelan bala tentara yang akan diutus Iblis. Ini berarti, selama tiga setengah tahun itu akan terjadi banyak sekali gempa bumi. Allah akan menggunakan gempa-gempa ini agar bumi membuka mulutnya dan menelan tentara yang diutus Iblis. Allah akan mengguncangkan bumi, tidak hanya untuk memberi peringatan kepada penghuni bumi, juga untuk menelan tentara Iblis. Iblis akan mengutus katak-kataknya untuk menghasut raja-raja di bumi agar mengirim tentara mereka, tetapi Allah akan menggoyangkan jari kelingking-Nya untuk mengguncangkan bumi, supaya bumi menelan tentara-tentara itu. Inilah cara yang akan Allah lakukan untuk membereskan keadaan.


Sumber: Pelajaran-Hayat Wahyu, Buku 3, Berita 37

No comments: