Hitstat

19 January 2006

Wahyu Volume 7 - Minggu 4 Kamis

Imam Dan Raja
Wahyu 20:6b
“Tetapi mereka akan menjadi imam-imam Allah dan Kristus, dan mereka akan memerintah sebagai raja bersama-sama dengan Dia, seribu tahun lamanya.”

Menjadi seorang imam adalah menjadi orang yang dekat kepada Allah. Orang semacam ini memiliki kedekatan yang khusus dengan Allah, sebab mereka memiliki hubungan yang intim dengan-Nya. Hari ini kita semua adalah imam-imam; karena itu, kita semua bisa mendekat kepada Allah. Tetapi dalam kerajaan milenium, hanya mereka yang memiliki bagian dalam kebangkitan pertamalah yang akan menjadi imam-imam Allah dan Kristus.
Selain itu, mereka akan memerintah sebagai raja bersama-sama dengan Dia, seribu tahun lamanya. Dalam Perjanjian Lama, tidak ada seorang raja yang bisa menjadi seorang iman, dan tidak ada seorang imam pun yang bisa menjadi raja. Tetapi dalam Wahyu 20:6, ada sekelompok orang yang akan menjadi imam-imam dan juga raja-raja. Sebagi imam-imam, mereka dekat dengan Allah; dan sebagai raja-raja, mereka memiliki kekuasaan atas bumi.
Satu Petrus 2:9 mengatakan, “Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani…”. Kita adalah orang-orang yang berstatus imam dan raja. Realitas jabatan imam dan raja juga bisa kita alami sekarang. Sebagai imam, kita membawa manusia dan keperluannya kepada Allah, serta meministrikan Allah dan Kristus kepada manusia. Sebagai raja, kita membawakan kekuasaan Allah kepada manusia dan mewakili Allah di depan manusia.
Hanya mereka yang telah menderita bisa memerintah dengan Tuhan dan menikmati kemuliaan dengan Dia.

Mempertahankan Jabatan Imam Dan Raja
Why. 1:6; 5:10; 20:4-6; 2:26; Ibr. 12:16-17

Semua orang Kristen sesungguhnya telah dilahirkan kembali sebagai imam-imam (Why. 1:6) dan raja-raja (Why. 5:10). Tetapi, hari ini banyak yang telah kehilangan keimaman mereka. Mereka tidak bisa berdoa, sebab mereka kehilangan posisi doa mereka. Selain itu semua orang Kristen juga dilahirkan kembali sebagai raja-raja (Why. 5:10), namun banyak pula yang telah kehilangan kedudukan raja mereka. Tatkala Tuhan Yesus kembali, semua kaum kudus yang menang akan bersama-sama Dia menjadi imam-imam Allah dan raja-raja Allah (Why. 20:4-6). Saat itu pula, mereka semua akan menikmati warisan tanah ini (Why. 2:26).
Ibrani 12:16-17 memperingatkan kita agar jangan kehilangan hak kesulungan kita seperti Esau. "Menjual hak kesulungannya demi sepiring makanan." Akhirnya, ia menyesal karena telah menjualnya dengan terlalu murah, namun ia tidak berdaya menariknya kembali. Kita semua perlu waspada, pemeliharaan hak kesulungan ini tergantung pada kita apakah kita ini terjauh dari keduniawian dan pencemaran. Esau kehilangan hak kesulungannya karena nafsunya dalam makan. Ruben kehilangan hak kesulungannya karena pencemaran hawa nafsunya. Tetapi Yusuf mewarisi bagian dua kali lipat atas tanah dikarenakan kemurniannya; Lewi memperoleh keimaman karena ia tersisih mutlak bagi Tuhan. Yehuda mendapatkan jabatan raja oleh karena pembelaannya terhadap saudara-saudaranya yang menderita.
Kita perlu memelihara diri kita dalam kemurnian untuk porsi ekstra dan kenikmatan terhadap Kristus. Perlu dengan mutlak menyisihkan diri kita bagi Tuhan, dengan sebuah hati yang mengutamakan hasrat Allah di atas segala hal. Dan kita pun memerlukan kasih untuk menaruh perhatian terhadap saudara-saudara kita yang menderita. Jika kita ini orang-orang seperti itu, niscaya kita akan mempertahankan hak kesulungan kita. Porsi ekstra atas kenikmatan terhadap Kristus, keimaman dan jabatan raja akan menjadi milik kita. Kita akan sebagai imam-imam yang terus-menerus berkontak dengan Allah dan sebagai raja-raja yang memerintah rakyat.

Penerapan:
Jabatan imam dan jabatan raja sangat berkaitan dengan kehidupan dan pelayan kita. Marilah kita berlatih dengan setia membawa orang kepada Kristus dan membawakan Kristus kepada orang melalui memberitakan Injil dan menggembalakan domba-domba Tuhan.

Pokok Doa:
“O Tuhan Yesus, aku mau menjadi saluran berkat bagi orang lain, membawa mereka kepada-Mu dan membawakan kekayaan-Mu kepada mereka.”

No comments: