Hitstat

19 February 2015

1 Timotius - Minggu 1 Kamis



Pembacaan Alkitab: 1 Tim. 1:18-20


Dalam berita sebelumnya kita nampak dari 1:1-17 bahwa ekonomi Allah adalah berlawanan dengan ajaran lain. Dalam berita ini kita akan membahas 1:18-20, ayat-ayat yang menunjukkan bahwa iman dan hati nurani yang baik diperlukan untuk memelihara kepercayaan.

Dalam 1:18 Paulus berkata, "Tugas ini kuberikan kepadamu, Timotius anakku, sesuai dengan apa yang telah dinubuatkan tentang dirimu, supaya dengan nubuat itu engkau memperjuangkan perjuangan yang baik dengan iman dan hati nurani yang murni." Tugas apa yang Paulus maksudkan di sini? Dalam menjawab pertanyaan ini kita harus mengamati prinsip yang menyatakan: untuk memahami sebuah kalimat, sebuah frase, atau bahkan sebuah kata dalam Alkitab, kita perlu mempertimbangkan konteksnya, bukan hanya alinea dari ayat tersebut, tetapi kadang-kadang juga seluruh kitab ini atau seluruh isi Alkitab. Dengan prinsip ini sebagai dasar kita, kita perlu mempertimbangkan penggunaan kata "tugas" oleh Paulus dalam ayat 18 dalam konteks alinea ini sebagai suatu keseluruhan. Tugas di sini meliputi butir-butir utama yang disajikan dalam ketujuh belas ayat sebelumnya. Di pihak positif, butir utama ayat-ayat ini adalah ekonomi Allah; di pihak negatif, butirnya adalah ajaran-ajaran yang lain. Karena itu, tugas yang diberikan oleh rasul kepada anak rohaninya menyangkut ekonomi Allah secara positif dan ajaran-ajaran yang lain secara negatif.

Dalam ayat 18 Paulus berkata bahwa ia memberikan tugas kepada Timotius "sesuai dengan apa yang telah dinubuatkan tentang dirimu." Mungkin beberapa isyarat kenabian ditujukan kepada Timotius ketika dia diterima ke dalam ministri itu (Kis. 16:1-3). Mungkin para tua-tua dalam gereja yang mengantarkan Timotius kepada Paulus telah menumpangkan tangan atasnya. Pada saat itu mungkin diucapkan nubuat-nubuat tentang dia.

Berbicara tentang nubuat-nubuat ini, Paulus berkata kepada Timotius, "supaya dengan (berdasarkan) nubuat itu engkau memperjuangkan perjuangan yang baik dengan iman dan hati nurani yang murni." Memperjuangkan perjuangan yang baik adalah berjuang melawan ajaran-ajaran lain dari orang-orang yang sesat, dan merampungkan ekonomi Allah (ayat 4) berdasarkan ministri rasul mengenai Injil anugerah dan hayat kekal, agar Allah yang terpuji mendapatkan kemuliaan (ayat 11-16).


Sumber: Pelajaran-Hayat 1 Timotius, Berita 2

No comments: