Hitstat

14 February 2017

Wahyu - Minggu 2 Selasa



Pembacaan Alkitab: Why. 1:7; 3:3
Doa baca: Why. 1:7
Lihatlah, Ia datang dengan awan-awan dan setiap mata akan melihat Dia, juga mereka yang telah menikam Dia. Semua bangsa di bumi akan meratapi Dia. Ya, amin.


Sekarang kita meninjau Kristus dalam administrasi-Nya. Ada satu administrasi di alam semesta ini. Alam semesta tidak dapat beroperasi secara sembarangan; melainkan sesuai dengan administrasi Allah. Meskipun kita tidak dapat melihat Administrator ini, tetapi Ia senantiasa melaksanakan administrasi ilahi-Nya. Setiap gempa bumi, seperti yang terjadi di banyak tempat belakangan ini, diatur dari administrasi-Nya. Kristus bukan hanya Juruselamat, Singa, dan Anak Domba, Ia juga Administrator alam semesta.

Pertama-tama, Kristus melaksanakan tujuan Allah di antara gereja-gereja, melaksanakan perawatan keimaman terhadap gereja-gereja (1:11-18). Dalam pasal 1, Kristus diwahyukan sebagai Anak Manusia yang memakai jubah Imam Besar. Hari ini, dalam administrasi Allah, Kristus mengenakan jubah imam, melaksanakan perawatan keimaman-Nya di antara gereja-gereja. Ia adalah Imam yang penuh kasih yang hari ini merawat gereja-gereja-Nya.

Kitab Wahyu dengan jelas menunjukkan, di satu pihak, Kristus berada di antara gereja-gereja; di pihak lain, Ia berada di surga melaksanakan ekonomi Allah. Sewaktu Kristus di surga melaksanakan ekonomi Allah, yang terutama menyangkut penghakiman Allah atas bumi, tetapi bersamaan dengan itu, Ia pun memelihara umat Allah (7:1-3; 8:3-5). Allah memiliki dua umat—umat Israel dan umat tebusan. Tidak peduli berapa kerasnya bumi ini dihakimi oleh Kristus dalam administrasi Allah, Ia tetap memelihara orang-orang Israel pilihan dan gereja yang telah ditebus. Kita semua harus menyembah Kristus sebagai Administrator, sebagai persona yang di surga yang mengelola segala perkara bagi penggenapan ekonomi Allah.

Tidak ada satu kitab pun yang mewahyukan kedatangan kembali Kristus sejelas Kitab Wahyu. Kitab ini mewahyukan, kedatangan kembali Kristus beraspek dua—aspek rahasia dan aspek terbuka. Ini bisa terjadi, karena Ia ajaib. Pertama, Kristus akan datang kembali secara rahasia seperti seorang pencuri (3:3b; 16:15). Dalam kedatangan-Nya secara rahasia seperti pencuri, Kristus akan datang untuk mengambil barang yang berharga. Kristus menyuruh kita berjaga-jaga, kata-Nya, "Karena jikalau engkau tidak berjaga-jaga, Aku akan datang seperti pencuri dan engkau tidak tahu kapan saatnya Aku tiba-tiba datang kepadamu" (3:3b). Kita semua wajib bertanya kepada diri kita masing-masing, "Apakah aku berharga? Apakah aku layak dicuri Kristus pada kedatangan-Nya yang secara rahasia?"

Pada saat berakhirnya kesusahan besar, Kristus akan datang secara terang-terangan di atas awan (1:7; 4:14). Mula-mula, Kristus akan datang secara rahasia, kemudian Ia akan datang secara terbuka. Kedatangan-Nya yang rahasia adalah untuk kaum saleh pemenang, dan kedatangan-Nya yang terbuka adalah untuk seluruh bumi. Karena itu, Wahyu 1:7 mengatakan, "Lihatlah, Ia datang dengan awan-awan dan setiap mata akan melihat Dia." Sewaktu Kristus datang dengan awan-awan, penduduk bumi akan melihat Dia. Kita harus jelas bahwa Kristus akan datang kembali, mula-mula secara rahasia dan kemudian akan ternyata secara terbuka.


Sumber: Pelajaran-Hayat Wahyu, Buku 1, Berita 2

No comments: