Hitstat

23 February 2017

Wahyu - Minggu 3 Kamis

Pembacaan Alkitab: Why. 3:3
Doa baca: Why. 3:3
Karena itu, ingatlah apa yang telah kauterima dan dengar; turutilah itu dan bertobatlah! Karena jikalau engkau tidak berjaga-jaga, Aku akan datang seperti pencuri dan engkau tidak tahu kapan saatnya Aku tiba-tiba datang kepadamu.


Kebanyakan orang Kristen berpendapat bahwa Kitab Wahyu merupakan kitab tentang kedatangan kembali Kristus. Berpendapat seperti ini mutlak benar, karena Kitab Wahyu memang mengungkapkan kedatangan kembali Kristus. Akan tetapi, selama bertahun-tahun, orang-orang Kristen belum jelas tentang kedatangan kembali Tuhan. Karena ketidakjelasan itu, timbullah banyak perselisihan dan perdebatan tentang hal ini. Wahyu tentang kedatangan kembali Tuhan tidak sederhana; sebaliknya sangat rumit dan memiliki beberapa aspek. Karena itu, kebanyakan orang Kristen sulit memahami perkara kedatangan kembali Tuhan secara tuntas.

Kembalinya Kristus sedikitnya mempunyai dua aspek -- pertama, sebelum kesusahan besar; dan kedua, setelah kesusahan besar. Selain itu, peneliti Alkitab itu juga menemukan bahwa terangkatnya kaum saleh akan terjadi lebih dari dua tahap. Itu berarti, sebagian kaum saleh akan diangkat sebelum kesusahan besar dan sebagian lagi setelah kesusahan besar.

Dalam Injil Matius maupun Kitab Wahyu, kita nampak aspek rahasia dari kedatangan kembali Kristus. Wahyu 3:3 dan 16:15 memberi tahu kita bahwa Kristus akan datang seperti seorang pencuri, sebab itu kita harus berjaga-jaga. Tidak seorang pencuri pun yang datang secara terbuka atau mengumumkan kedatangannya. Seperti yang telah kita tunjukkan dalam berita sebelumnya, sewaktu Tuhan datang seperti seorang pencuri, Ia akan mencuri barang-barang yang berharga. Dalam Matius 24:40-41, Tuhan berbicara tentang kedatangan-Nya yang rahasia. Tuhan Yesus sungguh bijaksana, Ia memakai dua saudara di ladang dan dua saudari memutar batu giling sebagai ilustrasi. Kelihatannya kedua saudara itu sama dan kedua saudari itu pun sama. Tetapi tiba-tiba salah seorang dari antara kedua saudara itu dan salah seorang dari antara kedua saudari itu diangkat. Sewaktu kita bekerja, tanpa kita sangka, Kristus tiba-tiba datang, dan beberapa orang di antara kita akan terangkat. Karena Ia datang bagaikan pencuri, kita harus berjaga-jaga.

Waktu kedatangan Tuhan yang rahasia tidak kita ketahui (3:3; Mat. 24:36, 42; 25:13). Sewaktu Kristus datang kembali, Ia akan datang sebagai Seorang Utusan. Karena itu, dalam Kitab Wahyu Ia disebut Malaikat, Yang diutus oleh Allah. Dalam kedatangan-Nya kembali, seperti dalam kedatangan-Nya yang pertama, Kristus akan datang sebagai Utusan Allah. Itulah sebabnya hanya Bapa yang tahu waktu kedatangan Kristus yang rahasia (Mat. 24:36; Mark. 13:32). Bapa adalah Pengutus dan Putra adalah Utusan. Hanya Pengutus, bukan Utusan, yang mengetahui waktunya.



Sumber: Pelajaran-Hayat Wahyu, Buku 1, Berita 5

No comments: