Hitstat

30 March 2005

1&2 Petrus Volume 4 - Minggu 2 Rabu

Mengusahakan Iman
2 Petrus 1:5
"Justru karena itu kamu harus dengan sungguh-sungguh berusaha untuk menambahkan kepada imanmu ...."

Allah dengan tangan yang kuat, lengan yang teracung, dan kedahsyatan-kedahsyatan besar telah memimpin orang-orang Israel keluar dari Mesir untuk berbagian dalam tanah Kanaan yang kaya. Bagaimana kita mendapatkan bagian iman kita? Dua Petrus 1:1-4 menunjukkan bahwa bagian itu kita dapatkan dengan melibatkan kebenaran Allah dan Juruselamat kita Yesus Kristus, kasih karunia dan damai sejahtera yang berlimpah-limpah; kuasa ilahi-Nya, sifat ilahi-Nya juga kemuliaan-Nya dan kebajikan-Nya. Syukur untuk semua suplai ilahi ini! Tetapi, memperoleh bagian iman yang kaya itu satu perkara, menggarapnya secara terus-menerus itu perkara yang lain.
Sekarang, bagaimanakah kondisi rohani kita? Kaya atau miskin? Kita harus mengakui, bahwa hari ini kita benar­benar miskin. Mengapa? Sebab kita malas, enggan menggarap bagian iman kita dengan aktif (Ams. 6:9-11). Dua Petrus 1:5 menunjukkan bahwa kita harus "berusaha dengan rajin, dengan segala kegairahan dan usaha" (TL). Pertumbuhan rohani bukanlah perkara yang boleh kita anggap ringan.
Karena Allah telah menyediakan semuanya secara luar biasa, maka setiap saat, setiap hari, kita harus mempertahankan persekutuan kita dengan Tuhan. Kita harus benar-benar hidup di dalam Tuhan, berusaha di atas diri-Nya, memanfaatkan dan menikmati Dia. Kalau kita melakukan hal ini, bayangkanlah, betapa kaya dan permainya "bagian tanah" milik kita. Jangan sampai kita kehilangan berkat yang luar biasa ini.

Pertumbuhan Dan Perkembangan
2 Ptr. 1:5-7

Jangan sekali-kali menjadi bayi tua, sebab itu akan mendukakan Roh Kudus dan merugikan diri sendiri. Setiap orang Kristen yang telah dilahirkan kembali harus mendambakan pertumbuhan dan perkem-bangan. Janganlah melalui hari-hari kita dengan sia-sia, sehingga selamanya kita tidak bertumbuh.
Mengapa seseorang menjadi bayi terus dan tidak dapat dewasa? Karena orang Kristen yang bersangkutan tidak berselera terhadap masalah rohani. Mereka mengira asal sudah beroleh selamat sudah cukup, mereka tidak damba terhadap tuntutan rohani; atau karena mengetahui syaratnya, yakni harus membayar harga yang terlalu besar, maka mereka tidak sudi membayarnya. Ada juga yang tertipu, mengira telah bertumbuh dewasa karena memiliki pengetahuan rohani.
Orang Korintus menyombongkan diri, mengira betapa tinggi dan besarnya pengetahuan dan hikmat yang mereka miliki. Paulus bersyukur kepada Allah karena mereka memiliki "segala macam pengetahuan" (1 Kor. 1:5). Bila Paulus memberitakan ajaran-ajaran rohani kepada mereka, mereka dapat mengerti sepenuhnya. Namun semua itu hanya dalam pikiran belaka! Walaupun mereka sudah tahu, namun mereka tidak mendapatkan kekuatan melaluinya, dan mereka tidak dapat menyatakannya dalam kehidupan mereka. Mereka bisa memberitakannya kepada orang lain, tetapi mereka sendiri belum menjadi orang rohani! Pengetahuan rohani yang sejati bukan berupa pikiran-pikiran yang dalam dan misterius, melainkan pengalaman riil yang diperoleh. Semua pengetahuan harus teruji dalam pengalaman kita baru tersusun di atas diri kita.
Untuk mengalami pertumbuhan dan perkembangan, kepandaian tidaklah berguna, kegairahan untuk mengenal kebenaran juga tidak cukup, yang berguna ialah suatu hidup yang patuh secara mutlak kepada Roh Kudus. Jika tidak, semua hanyalah diterima atau diberikan dari dan kepada otak. Pengetahuan yang demikian tidak mungkin membuat orang bertumbuh. Kekurangan orang-orang yang demikian bukanlah ajaran-ajaran rohani yang lebih banyak (sebab rasul menganggap hal ini tidak usah dikatakan), melainkan suatu hati yang taat, yaitu mau menyerahkan hidupnya kepada Roh Kudus, menuruti perintah-Nya, dan menempuh jalan salib. Demikianlah kita baru dapat teruji.

No comments: