Hitstat

31 December 2009

Kisah Para Rasul Volume 2 - Minggu 2 Jumat

Berkumpul untuk Memecahkan Roti dan Berdoa
Kisah Para Rasul 2:42
Mereka bertekun dalam pengajaran rasul-rasul dan dalam persekutuan. Dan mereka selalu berkumpul untuk memecahkan roti dan berdoa

Ayat Bacaan: Kis. 1:14, 2:42, 46, 20:7; 1 Kor. 11:23-24; Mat. 18:18-19

Kisah Para Rasul 2:42 dikatakan “Mereka bertekun dalam pengajaran rasul-rasul dan dalam persekutuan. Dan mereka selalu berkumpul untuk memecahkan roti dan berdoa”. Kita nampak bahwa kaum beriman yang baru, mereka bertekun dalam dua kelompok hal: pertama, dalam pengajaran dan persekutuan para rasul; kedua, dalam pemecahan roti dan berdoa. Di setiap kelompok dari keduanya ini ada kata sambung “dan”. Kata sambung ini menggabungkan pengajaran dan persekutuan para rasul; kata sambung ini juga dipakai lagi untuk menggabungkan pemecahan roti dan berdoa. Tetapi, kata sambung ini tidak dipakai untuk menggabungkan dua kelompok ini. Ini menunjukkan kepada kita bahwa pengajaran dan persekutuan adalah dari para rasul, sedangkan pemecahan roti dan berdoa bukan dari para rasul. Pengajaran dan persekutuan adalah milik para rasul, tetapi pemecahan roti dan berdoa bukan milik para rasul.
Pemecahan roti adalah peringatan akan Tuhan dalam penggenapan-Nya akan penebusan Allah yang sempurna, sedangkan berdoa adalah bekerja sama dengan Tuhan yang di surga bagi perampungan ekonomi Perjanjian Baru Allah di bumi. Jadi sebenarnya, pemecahan roti dan berdoa merupakan pelaksanaan kaum beriman dalam hidup kristiani mereka, dan ini tidak berhubungan secara langsung dengan ekonomi Allah bagi pemeliharaan kesatuan gereja, Tubuh Kristus. Karena itulah pemecahan roti dan berdoa bukan berasal dari para rasul. Yang dibawa masuk oleh para rasul adalah wahyu Perjanjian Baru Allah dan persekutuan Allah di antara semua orang beriman dalam Kristus.
Saudara saudari yang terkasih, kehidupan kaum beriman sebermula sudah seharusnya menjadi permulaan kehidupan kristiani kita. Puji Tuhan! Hari ini kita dapat melihat bahwa kehidupan kaum beriman sebermula telah dibawa masuk kedalam kehidupan gereja yang korporat. Kita tidak lagi hidup secara individu sebagai orang Kristen yang terpisah satu dengan yang lainnya. Tetapi kita dipanggil berkumpul bersama-sama memecahkan roti dan berdoa (Kis. 1:14, 2:46, 20:7; 1 Kor. 11:23-24; Mat. 18:18-19). Karena itu, kita perlu setia menghadiri setiap persekutuan yang ada khususnya pemecahan roti dan doa.

No comments: