Hitstat

07 October 2017

Matius - Minggu 1 Sabtu

Pembacaan Alkitab: Gal. 3:14
Doa baca: Gal. 3:14
Yesus Kristus telah melakukan hal ini, supaya di dalam Dia berkat Abraham sampai kepada bangsa-bangsa lain, sehingga melalui iman kita menerima Roh yang telah dijanjikan itu.


Menurut kebiasaan orang Yahudi, seorang penulis silsilah tidak akan menuliskan nama perempuan, melainkan hanya nama laki-laki. Tetapi dalam silsilah yang singkat ini disebutkan nama lima orang perempuan. Empat dari lima perempuan ini menikah lagi, dan satu dari yang empat itu adalah perempuan sundal. Kelihatannya catatan ilahi di sini tidak menyebutkan orang-orang yang baik, seperti Sara atau Ribka, melainkan orang-orang yang buruk. Tahukah Anda riwayat Tamar? Ia adalah menantu perempuan Yehuda. Yehuda justru mempunyai anak kembar dari menantunya ini (Kej. 38:24-30). Perempuan kedua yang disebutkan di sini ialah Rahab, perempuan sundal dari Kota Yerikho. Nama perempuan ketiga ialah Rut, perempuan Moab. Orang Moab tidak diizinkan masuk ke dalam jemaah TUHAN, bahkan sampai keturunan yang kesepuluh pun tidak diizinkan masuk ke dalam jemaah TUHAN, sampai selama-lamanya (Ul. 23:3). Orang Moab adalah keturunan Moab yang diperanakkan dari Lot dengan anak perempuannya! Perempuan keempat ialah Batsyeba, istri orang Kanaan bernama Uria yang “dibunuh” oleh Daud. Daud mengambilnya sebagai istri, dan memperanakkan Salomo. Mengapa catatan singkat ini menyebutkan semua perempuan tersebut? Karena mereka adalah wakil-wakil kita. Janganlah mengira bahwa Anda adalah orang yang bersih. Jangan mengira Anda lebih bersih daripada keempat perempuan tersebut. Telusurilah asal-usul Anda. Anda akan menemukan bagaimana dan dari siapa kakek Anda dilahirkan, bagaimana dan dari siapa ayah Anda dilahirkan, dan bagaimana dan dari siapa pula Anda dilahirkan! Kita semua lebih buruk. Tetapi semua orang yang buruk ini termasuk dalam silsilah Kristus. Puji Tuhan! Ia Juruselamat orang dosa.

Di samping keempat perempuan yang menikah lagi tersebut, terdapat seorang perawan, yaitu Maria, ibu Yesus. Ia adalah seorang perempuan yang baik, murni, dan suci. Ini menunjukkan bahwa semua orang yang disebutkan dalam kitab silsilah ini adalah orang-orang dosa kecuali Yesus. Kecuali Yesus, semua lainnya adalah orang-orang yang tidak bersih.

Kristus adalah anak Daud (Mat. 22:42, 45; Why. 22:16). Salomo, anak Daud, adalah lambang Kristus dalam tiga aspek utama. Pertama, ia adalah lambang Kristus yang mewarisi kerajaan. Kedua, Salomo memiliki kebijaksanaan dan mengucapkan kata-kata hikmat. Dalam Matius 12, kita nampak bahwa Kristus juga memiliki hikmat dan mengucapkan kata-kata hikmat. Tidak ada perkataan manusia yang bijaksana seperti perkataan Kristus. Ketiga, Salomo membangun Bait Allah (2 Sam. 7:13a). Sebagai anak Daud, Kristus membangun Bait Allah, yaitu Gereja.

Kristus juga adalah anak Abraham. Dalam Perjanjian Lama terdapat nubuat yang jelas bahwa Kristus akan menjadi anak Abraham. Ishak adalah lambang Kristus. Sebagai lambang Kristus, Ishak juga memiliki tiga aspek utama. Pertama, Ishak membawakan berkat kepada semua bangsa, baik bangsa Yahudi maupun bangsa bukan Yahudi (Kej. 22:18a; Gal. 3:16, 14). Kedua, Ishak dipersembahkan kepada Allah sampai kepada kematian dan dibangkitkan (Kej. 22:1-12; Ibr. 11:17, 19). Ketiga, Ishak memperoleh mempelai perempuan (Kej. 24:67). Ini merupakan lambang Kristus sebagai Yang Dijanjikan yang membawa berkat bagi semua bangsa, yang juga diserahkan kepada kematian, yang bangkit, dan yang se-telah kebangkitan-Nya, akan memperoleh mempelai perem-puan (Yoh. 3:29; Why. 19:7). Suatu hari Roh Kudus yang di-lambangkan oleh pelayan Abraham, akan membawa Ribka yang rohani, ilahi, dan surgawi, kepada Ishak surgawi.



Sumber: Pelajaran-Hayat Matius, Buku 1, Berita 1

No comments: