Hitstat

30 October 2017

Matius - Minggu 5 Senin

Pembacaan Alkitab: Mat. 28:18-19
Doa baca: Mat. 28:18-19
Yesus mendekati mereka dan berkata, “Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di surga dan di bumi. Karena itu, pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus.”


Yohanes Pembaptis dilahirkan sebagai imam (Luk. 1:5, 13). Fungsi utama jabatan imam ialah membawa manusia kepada Allah dan fungsi utama jabatan raja ialah membawa Allah kepada manusia. Imam membawa manusia kepada Allah sehingga mereka dapat memperoleh berkat Allah. Inilah pelayanan imamat. Raja ialah yang mewakili Allah dan membawakan Allah kepada orang. Melalui lalu lintas datang dan pergi, manusia dan Allah, Allah dan manusia, mempunyai persekutuan yang riil, komunikasi yang sejati. Akhirnya, manusia dan Allah menjadi satu. Inilah ministri imam dan raja.

Dalam Kitab 1 Samuel, Samuel mewakili jabatan imam dan Daud mewakili kerajaan. Samuel sebagai imam membawa masuk Daud sang raja. Jabatan imam membawa masuk jabatan raja. Sama halnya dengan hidup gereja hari ini. Kalau kita imam-imam yang sejati, kita akan menjadi raja-raja, sebab jabatan imam selalu membawa masuk jabatan raja. Mula-mula kita adalah imam yang membawa orang-orang ke hadapan Allah. Kemudian kita menjadi raja membawa Allah kepada mereka.

Kita telah nampak bahwa imam membawa masuk raja. Peristiwa ini pertama mengenai Samuel membawa masuk Raja Daud. Dalam Matius 3 kita nampak Samuel yang lain, Yohanes Pembaptis yang dilahirkan sebagai imam suku Lewi. Matius 3 mempersaksikan keselarasan Alkitab, sebab di sini kita nampak seorang dari suku imam, suku Lewi, membawa masuk seorang dari suku raja, suku Yehuda. Dalam Matius 3, Yohanes tampil sebagai Samuel dan Yesus tampil sebagai Daud. Di padang gurun, Yohanes membawa manusia kepada Allah. Jadi, ia sesungguhnya seorang imam yang sejati. Ketika ia membawa orang kepada Allah, sang Raja datang, dan Yohanes memperkenalkan Dia kepada manusia. Raja ini membawa Allah kepada manusia. Yohanes membawa manusia kepada Allah dan Yesus membawa Allah kepada manusia.

Sebagai orang berdosa, kita datang kepada Allah melalui ministri Yohanes. Melalui bertobat, kita masuk ke hadirat Allah. Inilah ministri imam, ministri Yohanes Pembaptis. Kita semua telah masuk ke hadirat Allah melalui Yohanes. Yohanes yang membawa kita kembali kepada Allah. Kemudian Raja Daud baru, Yesus Kristus, membawa Allah kepada kita. Melalui ministri pertobatan Yohanes dan ministri penyaluran hayat Yesus, kita semua telah menjadi imam dan raja. Hari ini kita adalah penerus imam yakni Yohanes Pembaptis dan penerus raja, yaitu Yesus Kristus. Jika Anda seorang Kristen yang wajar, Anda pertama-tama ialah Yohanes hari ini dan kedua ialah Yesus hari ini. Anak-anak muda, ketika Anda pergi ke kampus, Anda harus sebagai imam-imam yang sejati. Anda perlu berkata, “Tuhan, belas kasihanilah orang-orang ini. Oh, Tuhan, ingatlah semua orang muda ini. Aku membawa mereka kepada-Mu.” Inilah jabatan imam, ministri Yohanes Pembaptis. Setelah Anda membawa orang kepada Allah, dalam satu aspek, Anda serentak menjadi Kristus yang membawakan Allah kepada mereka sehingga mereka dapat memperoleh Allah. Inilah jabatan imam dan jabatan raja hari ini.



Sumber: Pelajaran-Hayat Matius, Buku 1, Berita 8

No comments: