Hitstat

22 March 2010

Kisah Para Rasul Volume 5 - Minggu 2 Selasa

Berpuasa dan Berdoa
Kisah Para Rasul 13:2a-3
Pada suatu hari ketika mereka beribadah kepada Tuhan dan berpuasa... Maka berpuasa dan berdoalah mereka, dan setelah meletakkan tangan ke atas kedua orang itu

Ayat Bacaan: Kis. 13:1-3; Mat. 17:21, Luk. 2:37; Kis. 14:23

Kitab Kisah Para Rasul memperlihatkan kepada kita, bahwa para rasul sering berdoa dan berpuasa. Kisah Para Rasul 13 dengan jelas mencantumkan bahwa dalam gereja di Antiokhia ada beberapa nabi dan pengajar, mereka di sana berpuasa dan berdoa. Catatan tentang doa dalam pasal 13 ini boleh dikatakan mencapai puncaknya.
Hari ini mungkin kita bertanya apakah sebenarnya hubungan antara puasa dengan doa. Pertama, berpuasa adalah pernyataan yang muncul dengan sendirinya dari seseorang yang menerima satu tanggung jawab yang besar di hadapan Allah. Kedua, berpuasa adalah pernyataan mutlak bahwa seseorang berdiri di pihak Allah. Berdoa adalah pernyataan manusia di alam semesta yang menyatakan bahwa dirinya berdiri di pihak Allah untuk menentang Iblis. Jika seseorang atas sesuatu hal ingin menyatakan mutlak berdiri di pihak Allah dan menentang Iblis, dia akan menyatakannya melalui berpuasa. Ketiga, makna hakiki berpuasa adalah melepaskan hak yang sah. Dalam hidup manusia, tidak ada perkara kedua yang lebih sah daripada makan. Manusia berpuasa, ini menyatakan, bahwa demi menanggung satu perkara yang besar, manusia melepaskan hak yang sangat sah. Semua doa puasa dalam Alkitab selalu dikarenakan manusia di bumi ini menjamah maksud hati Allah, dan ingin agar Allah menggenapkannya; atau menjumpai musuh Allah, dan ingin agar dia disingkirkan.
Segera setelah diselamatkan pada tahun 1922, Saudara Watchman Nee mulai bekerja bagi Tuhan. Sebagai seorang palajar di SMU, dia mulai memberitakan injil kepada teman-teman sekelasnya. Dia berpuasa dan berdoa setiap hari Sabtu untuk persiapan memberitakan injil kepada teman-teman sekelasnya pada hari berikutnya. Sekolahnya memiliki kurang lebih seratus lima puluh murid. Kira-kira dalam setahun, hampir semua murid di sekolah itu diselamatkan. Melalui pemberitaannya ada satu kebangunan yang sejati di sekolah itu. Pada saat itu di sekolah, orang akan melihat murid-murid duduk dan membaca Alkitab di bawah pohon-pohon dan yang lain mempelajari Alkitab dan berdoa bersama-sama di lapangan rumput.

No comments: