Hitstat

28 March 2010

Kisah Para Rasul Volume 5 - Minggu 3 Senin

Putra Sulung Allah
Kisah Para Rasul 13:33
Telah digenapi Allah kepada kita, keturunan mereka, dengan membangkitkan Yesus, seperti yang tertulis dalam mazmur kedua: Engkaulah Anak-Ku! Aku telah menjadi Bapa-Mu pada hari ini.

Ayat Bacaan: Rm. 8:29; Yoh. 1:18, 3:16; Ibr. 2:10, 17-18; 1 Kor. 15:45b

Dalam ayat di atas, Paulus dapat melihat perihal kebangkitan Tuhan. Paulus menerapkan perkataan “hari ini” kepada hari kebangkitan Tuhan. Ini berarti kebangkitan Kristus adalah kelahiran-Nya sebagai Putra sulung Allah (Rm. 8:29). Pada saat kebangkitan dirampungkan, Putra sulung Allah dan semua putra Allah dilahirkan. Dia yang sedemikian menjadi Roh pemberi hayat (1 Kor. 15:45b) dan melahirkan banyak Putra Allah dalam kebangkitan. Menurut Perjanjian Baru, Tuhan Yesus adalah Putra Allah dalam dua aspek. Pertama, Dia adalah Putra tunggal Allah; kedua, Dia sekarang adalah Putra sulung Allah. Kata “tunggal” menunjukkan bahwa Allah hanya memiliki satu Putra. Yohanes 1:18 dan 3:16 membicarakan tentang Putra tunggal Allah. Secara kekal, Kristus adalah Putra tunggal Allah. Ini adalah status kekal-Nya. Tetapi melalui kebangkitan, Dia, sebagai seorang manusia, dilahirkan untuk menjadi Putra sulung Allah. Kata “sulung” menunjukkan bahwa Allah sekarang memiliki banyak putra (Ibr. 2:10). Kita yang percaya kepada Kristus adalah anak-anak Allah dan saudara-saudara Tuhan, saudara-saudara dari Putra sulung Allah (Rm. 8:29).
Kristus dapat menolong kita (Ibr. 2:18), bahkan dapat menolong dengan sepenuhnya. Sebagai Putra sulung Allah, Dia disamakan dengan saudara-saudara-Nya, dalam darah dan daging, agar Dia dapat menjadi Imam Besar kita yang menaruh belas kasihan, yang setia, dan yang memiliki sifat insani (Ibr 2:17). Janganlah mendengarkan keadaan sekitar Anda, kelemahan Anda, situasi Anda, suami Anda atau istri Anda. Manusia lama Anda sering mengatakan, “Semuanya buruk!”. Kalau mengatakan demikian, pasti akan memburuk. Sebaliknya katakanlah, “Segala sesuatu baik!” Kalau Anda mau berkata demikian, Tuhan akan menggenapkan perkataan Anda dan situasi, suami, istri Anda akan dibuat-Nya sungguh-sungguh baik. Dia dapat menolong kita dalam setiap masalah. Sebagai Putra sulung Allah, Ia dapat menolong kita dalam situasi yang mana pun, terutama menyelamatkan kita dari ekspresi manusia lama kepada ekspresi putra Allah, manusia Allah. Puji Tuhan! Hari ini kita sedang dalam proses diserupakan dengan gambar Putra sulung Allah.

No comments: