Hitstat

14 May 2013

Efesus - Minggu 34 Selasa


Pembacaan Alkitab: Ef. 2:22; 6:18


Kitab Efesus yang khusus membicarakan gereja merupakan miniatur seluruh Alkitab. Ini terbukti dari apa yang tercakup dalam kitab ini. Pertama-tama, seperti telah kita nampak, kitab ini membicarakan kehendak kekal, yaitu rencana kekal Allah. Kedua, kitab ini membicarakan penciptaan Allah. Efesus 3:9 mengatakan ten-tang “dan untuk membuat semua orang melihat rencana rahasia yang telah berabad-abad tersembunyi dalam Allah yang menciptakan segala sesuatu.” Antara penciptaan dengan gereja terdapat suatu pertalian, sebab Allah menciptakan segala sesuatu untuk gereja.

Maksud Allah dalam menciptakan segala sesuatu, termasuk manusia, adalah agar manusia dapat berbaur dengan Allah untuk menghasilkan gereja. Zakharia 12:1 mengatakan bahwa Tuhan membentangkan langit, dan meletakkan dasar bumi, dan menciptakan roh dalam diri manusia. Hal ini menunjukkan langit untuk bumi, bumi untuk manusia, dan manusia dengan rohnya, adalah untuk Allah. Jadi, penciptaan Allah yang ajaib dan berfokus pada manusia itu adalah untuk menghasilkan gereja. Oleh sebab itu, Kitab Efesus membicarakan penciptaan segala sesuatu.

Kitab ini juga berulang-ulang menyebut roh manusia. Setiap pasal dari Kitab Efesus menyinggung tentang roh manusia. Hal ini menunjukkan bahwa roh manusia sangat diperlukan bagi hidup gereja. Dalam kekristenan hari ini sama sekali tidak ada hidup gereja, karena kebanyakan orang Kristen tidak mengenal roh manusia. Sebaliknya kebanyakan ajaran orang Kristen hari ini memperhatikan pikiran. Tetapi Kitab Efesus tidak berfokus pada pikiran, melainkan pada roh. Roh kita seharusnya menjadi satu roh hikmat dan wahyu, tempat bangunan Allah, organ tempat Allah mewahyukan rahasia-Nya kepada kita, dan manusia batiniah kita diperkuat oleh Roh Allah. Selain itu, kita perlu diperbarui di dalam roh pikiran kita dan berdoa di dalam roh. Melalui latihan yang tepat, maka pada akhirnya roh kita akan dipenuhi ke dalam seluruh kepenuhan Allah. Inilah perbauran Allah dengan manusia yang menghasilkan hidup gereja.


Sumber: Pelajaran-Hayat Efesus, Buku 3, Berita 68

No comments: