Hitstat

30 May 2013

Efesus - Minggu 36 Kamis


Pembacaan Alkitab: Ef. 6:11


Kita telah ditentukan, kita telah dimeteraikan, dan kita telah menerima satu roh hikmat dan wahyu, hingga kita dapat mengenal Tubuh Kristus. Pemilihan, penentuan semula, penebusan, dan pemeteraian bukanlah tujuannya, semuanya itu adalah untuk Tubuh Kristus. Kita dipilih, ditentukan, diperkenan, dianugerahi, ditebus, dan dimeteraikan bagi Tubuh Kristus. Tidak hanya demikian, untuk Tubuh ini, kita telah diberi satu roh hikmat dan wahyu. Dalam Efesus 1 Tubuh Kristus merupakan sasaran akhir Allah.

Jika pasal 1 berakhir pada Tubuh Kristus, maka pasal 2 berkesimpulan pada pembangunan tempat kediaman Allah. Hal ini menunjukkan bahwa kita telah dihidupkan tidak hanya untuk dihidupkan, tetapi untuk pembangunan tempat kediaman Allah. Dengan kata lain, Allah menghidupkan kita untuk gereja. Perkataan-Nya yang terakhir, baik dalam pasal 1 maupun pasal 2 semua adalah mengenai gereja. Pada akhir pasal 1, kita memiliki gereja sebagai Tubuh Kristus, kepenuhan Dia yang memenuhi semua di dalam segala sesuatu, dan pada akhir pasal 2, kita memiliki gereja sebagai tempat kediaman Allah di dalam roh.

Dalam Efesus 3:8 Paulus berkata bahwa ia memberitakan kekayaan Kristus yang tidak terduga itu sebagai Injil. Paulus tidak memberitakan doktrin, termasuk doktrin tentang kekayaan Kristus. Yang dia beritakan adalah kekayaan Kristus. Selain itu, dalam pasal ini Paulus berdoa agar kita dikuatkan oleh Roh ke dalam manusia batiniah kita, supaya Kristus berumah dalam hati kita (ayat 16-17). Sasaran dari penguatan dan penghunian di batin ini adalah agar kita dapat dipenuhi ke dalam segala kepenuhan Allah (ayat 19). Hasilnya ialah kemuliaan bagi Allah di dalam gereja (ayat 21). Karena itu, pasal 3, sebagaimana pasal-pasal sebelumnya, berakhir dengan gereja. Hal ini berarti pemberitaan kekayaan Kristus yang tidak terduga, penguatan manusia batiniah kita, Kristus berumah di hati kita, dan dipenuhi ke dalam segala kepenuhan Allah, semua itu bukan untuk kerohanian individual kita, melainkan untuk gereja.

Dalam Efesus 4:4-6 kita memiliki Allah Tritunggal — Bapa, Putra, dan Roh — dan Tubuh. Menurut Efesus 4:15, kita harus bertumbuh ke dalam Kristus dalam segala perkara. Pertumbuhan ini adalah bagi Tubuh Kristus, yakni gereja.

Dalam Efesus 5:18 Paulus menyuruh kita agar dipenuhi di dalam roh. Pemenuhan ini sesungguhnya berkaitan dengan dipenuhinya ke dalam segala kepenuhan Allah. Melalui pemenuhan di batin ini kita mempunyai air dalam firman untuk membasuh cacat dan kerut kita (ayat 26-27). Hasil dari pembasuhan ini ialah kita akan dikuduskan secara korporat. Pengudusan terutama bukan merupakan masalah individual, melainkan masalah korporat, yakni masalah bagi Tubuh Kristus. Lagi pula, dalam pasal ini kita nampak bahwa Kristus sedang merawat dan memelihara Tubuh-Nya (ayat 29).

Terakhir, dalam pasal 6, Paulus menyuruh kita mengenakan seluruh perlengkapan senjata Allah (ayat 11). Kita perlu menerima pedang Roh, yaitu firman Allah, melalui segala doa, berdoa setiap waktu dalam roh (ayat 18). Ini adalah untuk gereja, sebagai laskar Allah.


Sumber: Pelajaran-Hayat Efesus, Buku 3, Berita 73

No comments: