Hitstat

27 May 2013

Efesus - Minggu 36 Senin


Pembacaan Alkitab: Ef. 1:4, 7


Dalam berita ini kita akan membahas lebih dari tiga puluh butir yang berkaitan dengan pekerjaan yang telah digenapkan Allah bagi gereja. Kebanyakan dari butir-butir ini diekspresikan sebagai kata kerja dalam berbagai ayat di seluruh Kitab Efesus ini.

Setelah memilih dan menentukan kita, Allah menciptakan kita dalam Adam. Akan tetapi manusia yang Allah ciptakan itu telah jatuh. Namun Allah tetap mengasihi kita. Dalam Efesus 2:4 Paulus membicarakan kasih yang besar yang olehnya Allah mengasihi kita. Ia mengasihi kita sekalipun pada waktu kita mati dalam pelanggaran dan dosa-dosa, ketika kita hidup menurut zaman dunia ini, dan menaati penguasa kerajaan di angkasa (2:1-2). Dalam Efesus 5:25 Paulus mengatakan bahwa Kristus mengasihi gereja dan menyerahkan diri-Nya baginya. Karena itu, kita bukan hanya orang-orang yang dipilih dan ditentukan, bahkan adalah orang-orang yang dikasihi.

Dalam Efesus 4:4 Paulus mengatakan bahwa kita dipanggil dalam satu pengharapan panggilan kita. Dalam Efesus 1:7 Paulus mengatakan tentang penebusan, “Sebab di dalam Dia kita beroleh penebusan oleh darah-Nya, yaitu pengampunan dosa, menurut kekayaan anugerah-Nya.” Ketika Allah menggenapkan pekerjaan-Nya bagi gereja, Ia menebus kita.

Allah juga telah mendamaikan kita dengan diri-Nya sendiri (2:16). Kita perlu didamaikan sebab kita dulu adalah seteru Allah, dan telah berontak melawan Dia. Jadi ada perseteruan di antara kita dengan Allah. Tetapi melalui kematian Tuhan di atas salib, kita telah diselamatkan dari situasi kejatuhan kita, dan didamaikan dengan Allah.
Dalam Efesus 2:8 Paulus memberi tahu kita bahwa “karena anugerah kamu diselamatkan oleh iman”. Sebelum kita diselamatkan, kita dapat menikmati beberapa hiburan duniawi, tetapi setelah kita diselamatkan, selera kita berubah dengan spontan. Jika Anda kembali kepada perkara-perkara yang Anda nikmati sebelum Anda diselamatkan, Anda akan merasa perkara-perkara itu sangat berbeda. Alangkah dahsyatnya perbedaan yang terjadi karena keselamatan Allah!

Dalam Efesus 1:6 Paulus memakai bentuk kata kerja dari kata anugerah yaitu, “yang dianugerahkan-Nya (dikaruniakan-Nya) kepada kita di dalam Dia, yang dikasihi-Nya”. Ia telah meletakkan kita ke dalam posisi anugerah agar kita menjadi obyek anugerah-Nya dan perkenan-Nya, dan agar kita dapat menikmati segala apa adanya Allah bagi kita.

Dalam Efesus 2:5 kita nampak bahwa Allah telah menghidupkan kita bersama Kristus. Sebagai orang yang menjadi seteru Allah, kita perlu didamaikan, sebagai orang yang terhilang, kita perlu diselamatkan. Selain itu, sebagai orang yang mati dalam pelanggaran dan dosa-dosa, kita perlu dihidupkan.   
Dalam Efesus 2:6 kita nampak bahwa kita telah dibangkitkan bersama dalam Kristus. Kita tidak saja telah mati, tetapi juga telah dikubur. Karena itu, Allah tidak saja menghidupkan kita, Ia pun membangkitkan kita dari antara orang mati. Terpujilah Dia, kita telah dibangkitkan dari kubur!


Sumber: Pelajaran-Hayat Efesus, Buku 3, Berita 72

No comments: