Hitstat

24 August 2016

1 Yohanes - Minggu 1 Rabu



Pembacaan Alkitab: 1 Yoh. 1:2-3; 3:9; 5:4
Doa baca: 1 Yoh. 5:4
Sebab semua yang lahir dari Allah, mengalahkan dunia. Dan inilah kemenangan yang mengalahkan dunia: Iman kita.


Dalam Surat 1 Yohanes ada ayat-ayat tertentu yang saya sukai dengan khusus. Dalam 1:2-3, Yohanes mengatakan bahwa para rasul memberitakan hayat kekal kepada kita sehingga kita dapat mempunyai persekutuan dengan mereka. Ini berarti hayat kekal menghasilkan persekutuan. Bila hayat ini diberitakan, hasilnya adalah persekutuan hayat ilahi.

Dalam 2:2 Yohanes mengatakan bahwa pengurapan Tuhan mengajar kita tentang segala sesuatu, dan sebagaimana ia telah mengajar kita, kita harus tinggal di dalam Dia. Pengajaran pengurapan sama sekali berbeda dengan pengetahuan guru-guru besar manusia. Semoga kita semua mempunyai satu pengertian yang penuh tentang fakta bahwa pengurapan ilahi di dalam kita mengajar kita setiap saat dan kita hanya perlu tinggal di dalam Tuhan menurut pengurapan ini.

Ayat lain yang mengagumkan adalah 3:9. Dalam ayat ini, Yohanes berbicara tentang siapa saja yang telah "lahir dari Allah". Tulisan Yohanes menekankan kelahiran ilahi, kelahiran kembali kita. Sebagai kaum beriman dalam Kristus, kita tidak hanya telah lahir dari bapa jasmani kita, juga lahir dari Allah. Siapa pun yang lahir dari manusia dengan sendirinya menjadi manusia. Yang penting di sini adalah bahwa suatu hayat akan selalu melahirkan hayat yang sama. Kita dapat mengatakan bahwa karena kita telah lahir dari Allah, kita adalah anak-anak Allah, memiliki hayat dan sifat ilahi. Allah adalah Bapa kita, dan kita adalah anak-anak-Nya yang memiliki hayat dan sifat-Nya.

Menurut 3:9, setiap orang yang telah lahir dari Allah tidak berbuat dosa, sebab benih Allah tinggal di dalam dia. Berbuat dosa di sini adalah terbiasa hidup di dalam dosa. Karena kita telah lahir dari Allah, kita tidak berbuat dosa. Yang berbuat dosa bukanlah anak Allah. Tidak seorang pun anak Allah terbiasa hidup di dalam dosa. Orang yang telah lahir dari Allah tidak berbuat dosa karena benih Allah tinggal di dalamnya. Benih dalam ayat ini adalah hayat Allah, yang kita terima ketika kita dilahirkan dari Dia. Betapa mengagumkan bahwa benih Allah tinggal di dalam kita!

Satu Yohanes 5:4 mengatakan, "Sebab semua yang lahir dari Allah, mengalahkan dunia," dan 5:18 mengatakan, "Kita tahu bahwa setiap orang yang lahir dari Allah, tidak berbuat dosa; tetapi Dia yang lahir dari Allah melindunginya, dan si jahat tidak dapat menyentuhnya." Bila kita menjajarkan ayat-ayat ini, kita nampak bahwa semua yang lahir dari Allah mengalahkan dunia dan bahwa si jahat tidak menyentuhnya.

Semua ayat dari Surat 1 Yohanes ini bersifat unik. Kita tidak dapat menemukan ayat-ayat semacam ini dalam tulisan-tulisan Paulus atau Petrus. Saya mendorong kalian mengeluarkan waktu untuk mendoakan ayat-ayat ini. Saya percaya, jika kalian mendoakan ayat-ayat ini, kalian akan melihat suatu hal ilahi. Saya dapat bersaksi bahwa saya telah melihat bahwa hayat kekal telah diberikan kepada saya, saya mempunyai satu persekutuan ilahi, pengurapan ilahi ada di dalam saya, saya telah lahir dari Allah, saya mempunyai benih ilahi, dan saya menjadi satu orang yang tidak disentuh oleh Iblis. Semoga kita semua melihat wahyu yang mengagumkan yang terkandung dalam ayat-ayat ini dan dapat bersaksi dengan berani mengenai ayat-ayat ini.


Sumber: Pelajaran-Hayat 1 Yohanes, Buku 1, Berita 1

No comments: