Hitstat

02 December 2016

1 Yohanes - Minggu 15 Jumat



Pembacaan Alkitab: 1 Yoh. 4:2-3
Doa baca: 1 Yoh. 4:3
Dan setiap roh yang tidak mengaku Yesus, tidak berasal dari Allah. Roh itu adalah roh antikristus dan tentang dia telah kamu dengar bahwa ia akan datang dan sekarang ini ia sudah ada di dalam dunia.


Pada butir ini kita perlu membahas lebih lanjut arti kata “antikristus”. Dalam Matius 24:5 Tuhan Yesus mengatakan, “Sebab banyak orang akan datang dengan memakai nama-Ku dan berkata: Akulah Mesias, dan mereka akan menyesatkan banyak orang.” Ayat ini membicarakan tentang mesias palsu, seseorang yang menganggap dirinya Kristus, untuk menyesatkan kaum beriman.

Dalam 2:26 dan 3:7 Yohanes juga membicarakan tentang disesatkan. Dalam surat ini, disesatkan adalah disimpangkan dari realitas persona Kristus, dari realitas bahwa Yesus adalah Kristus, Anak Allah. Tetapi menurut Matius 24:5, seorang kristus palsu adalah, seorang yang menganggap dirinya Kristus untuk menyesatkan orang-orang.

Dalam 1 Yohanes 4:3 roh yang tidak mengaku Yesus adalah roh nabi palsu yang digerakkan oleh roh penyesat; roh ini tidak mengakui Yesus datang dalam daging. Inilah roh penyesat dari kaum Dosetis. Istilah Dosetis merupakan turunan dari istilah Yunani dokein, yang berarti “nampaknya”, “seolah-olah”. Pandangan bidah kaum Dosetis adalah Yesus Kristus bukanlah manusia sejati, melainkan nampaknya seperti manusia; bagi kaum Dosetis, Kristus hanyalah khayalan. Dosetisme bercampur dengan Gnostikisme, yang mengajarkan bahwa semua materi pada dasarnya adalah jahat. Jadi, kaum Dosetis mengajarkan, karena Kristus itu kudus, maka Dia tidak mungkin memiliki kecemaran tubuh daging manusia. Mereka mengatakan bahwa tubuh-Nya bukanlah darah dan daging yang sejati, melainkan hanyalah sesuatu yang semu, suatu khayalan sementara, sebab itu Dia tidak menderita, mati, dan bangkit. Dosetisme ini tidak hanya menggoyahkan inkarnasi Tuhan, tetapi juga penebusan-Nya dan kebangkitan-Nya. Dosetisme adalah suatu ciri khas dari kaum antikristus sesat yang pertama, yang disinggung Yohanes di sini dan dalam 2Yohanes 7. Roh dari kaum sesat semacam ini benar-benar bukan berasal dari Allah. Inilah Roh antikristus.

Dalam 2 Yohanes 7 Rasul Yohanes juga berbicara mengenai antikristus, “Sebab banyak penyesat telah muncul dan pergi ke seluruh dunia, yang tidak mengaku bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia. Itulah si penyesat dan antikristus.” Penyesat-penyesat ini adalah pendusta-pendusta, nabi-nabi palsu, yang menyangkal bahwa Yesus adalah Allah yang berinkarnasi dan dengan jalan ini menyangkal keilahian Kristus. Yohanes dengan jelas mengatakan bahwa penyesat-penyesat ini adalah antikristus-antikristus.

Sumber: Pelajaran-Hayat 1 Yohanes, Buku 1, Berita 30

No comments: