Hitstat

07 December 2016

1 Yohanes - Minggu 16 Rabu



Pembacaan Alkitab: Kol. 1:15
Doa baca: Kol. 1:15
Dialah gambar Allah yang tidak kelihatan, yang sulung, lebih utama dari segala yang diciptakan.


Kita melihat lebih jauh aspek-aspek tentang persona Kristus dalam Kolose 1. Menurut Kolose 1:15, Kristus adalah yang sulung dari semua ciptaan, dan menurut ayat 18, Dia adalah yang sulung di antara orang mati. Sebagai yang sulung dari semua ciptaan, Kristus adalah yang pertama dari ciptaan-ciptaan Allah, sebagai yang sulung dari antara orang mati berarti Dia adalah yang pertama dalam kebangkitan. Namun, beberapa guru Alkitab mengakui bahwa Kristus adalah Yang pertama dalam kebangkitan, tetapi mereka tidak mau mengatakan bahwa Kristus adalah yang pertama dalam penciptaan Allah. Tidaklah masuk akal mengatakan bahwa Kristus adalah yang pertama dalam kebangkitan, tetapi bukanlah yang pertama dalam penciptaan. Gelar “Yang sulung” digunakan dua kali dalam pasal yang sama, mengacu kepada Kristus sebagai yang Sulung dalam penciptaan Allah dan dalam kebangkitan. Teologi tradisional mengakui bahwa Kristus adalah yang pertama dalam kebangkitan, tetapi bukan yang pertama dalam ciptaan Allah.

Beberapa guru dan ahli teologi tidak mau mengatakan bahwa Kristus adalah ciptaan. Mereka menyatakan bahwa tidak mungkin Kristus, Allah itu, Pencipta itu, menjadi ciptaan. Namun, berkaitan dengan keinsanian-Nya, Kristus benar-benar satu ciptaan. Alkitab dengan jelas dan pasti mengatakan bahwa Kristus mengambil bagian dalam daging dan darah (Ibr. 2:14). Kristus menjadi seorang manusia yang memiliki darah dan daging. Bukankah benar bahwa manusia adalah ciptaan? Bukankah benar bahwa darah dan daging adalah unsur-unsur ciptaan? Tentu saja keinsanian, daging, dan darah adalah barang ciptaan. Sebenarnya, mengatakan bahwa Kristus bukan ciptaan hampir sama dengan mengatakan bahwa Kristus tidak datang di dalam daging, seperti yang disalahkan dalam 1 Yohanes 4.

Tidak peduli apakah maksud seseorang, baik atau jahat, asalkan dia menyangkal suatu aspek tentang persona Kristus, dia mengikuti prinsip antikristus, meskipun dia mungkin melakukannya dengan tidak sadar. Beberapa orang mungkin mempunyai maksud yang baik tentang mengagungkan Kristus sebagai Pencipta yang Mahakuasa. Dengan mempunyai maksud ini, mereka mungkin tidak mau mengatakan bahwa Kristus adalah satu ciptaan. Namun, Alkitab mewahyukan bahwa mengenai keinsanian-Nya, yang benar-benar adalah sesuatu yang diciptakan, Kristus adalah ciptaan. Selanjutnya, menurut Perjanjian Baru, Kristus hari ini tetap seorang manusia. Akan tetapi, beberapa orang Kristen tidak percaya bahwa Kristus sekarang duduk di atas takhta di surga sebagai seorang manusia. Yesus Kristus adalah Allah dan manusia. Karena Dia adalah Allah dan manusia, Dia adalah Pencipta dan ciptaan.

Jika kita mengerti apakah prinsip antikristus, kita akan menyadari bahwa pengajar-pengajar Alkitab tertentu dengan tidak sadar mengikuti prinsip ini. Menurut Surat 1 dan 2 Yohanes, seseorang yang menyangkal suatu butir tentang persona Kristus adalah mengikuti prinsip antikristus. Semoga kita terkesan dengan fakta bahwa prinsip antikristus pertama-tama adalah menyangkal sesuatu tentang apa adanya Kristus dan kemudian menggantikan Kristus dengan sesuatu yang lain.


Sumber: Pelajaran-Hayat 1 Yohanes, Buku 1, Berita 31

No comments: