Hitstat

01 December 2016

1 Yohanes - Minggu 15 Kamis



Pembacaan Alkitab: 1 Yoh. 4:1
Doa baca: 1 Yoh. 4:1
Saudara-saudaraku yang terkasih, janganlah percaya kepada setiap roh, tetapi ujilah roh-roh itu, apakah mereka berasal dari Allah; sebab banyak nabi-nabi palsu yang telah muncul dan pergi ke seluruh dunia.


Dalam berita ini kita sampai pada 1Yohanes 4:1-6. Ayat-ayat ini berdiri sebagai satu bagian khusus. Kelihatannya bagian ini tidak ada kaitannya dengan bagian yang di depannya atau bagian berikutnya. Seperti yang telah kita lihat, bagian sebelumnya berkaitan dengan mengasihi saudara. Bagian berikutnya kembali kepada masalah mengasihi saudara. Karena itu, 1 Yohanes 4:1-6 berdiri di antara dua bagian yang berkaitan dengan mengasihi saudara. Saya percaya 1 Yohanes 4:1-6 disisipkan sedikitnya karena dua alasan. Alasan yang pertama berhubungan dengan perlunya kita membedakan roh-roh. Dalam 3:24 Yohanes membicarakan tentang “Roh yang telah Ia karuniakan kepada kita”. Karena Roh disebutkan di sini, Yohanes melanjutkan dengan masalah membedakan, membuktikan, menguji roh-roh. Ada lebih dari satu macam roh di dalam alam semesta. Sebab itu, kita perlu peringatan Yohanes untuk menguji roh-roh.

Satu Yohanes 4:1-6 adalah kata-kata dalam tanda kurung dan merupakan suatu peringatan kepada kaum beriman agar mereka membedakan berbagai roh (karena Roh itu yang dengan-Nya kita mengetahui bahwa Tuhan tinggal di dalam kita, disebutkan dalam ayat sebelumnya, 3:24), supaya mereka dapat mengenal nabi-nabi palsu. Peringatan yang sama diberikan dalam 1 Yohanes 2:18-23. Ungkapan “setiap roh” dan “roh-roh itu” dalam 1 Yohanes 4:1 mengacu kepada roh nabi-nabi (1 Kor. 14:32) yang digerakkan oleh Roh kebenaran, dan roh nabi-nabi palsu, yang digerakkan oleh roh penyesat. Jadi, perlu pembedaan roh-roh dengan mengujinya, untuk memastikan apakah roh-roh itu berasal dari Allah. Menguji roh-roh adalah membedakan roh-roh (1 Kor. 12:10) dengan mengujinya.

Saya percaya bahwa alasan kedua Yohanes menyisipkan 1 Yohanes 4:1-6 adalah untuk memperingatkan kaum beriman bahwa meskipun kita perlu mengasihi saudara-saudara, kita tidak boleh menerima nabi-nabi palsu dan antikristus-antikristus. Kita harus mengasihi semua manusia, termasuk musuh-musuh kita. Akan tetapi, kita tidak dapat menerima seorang nabi palsu atau seorang antikristus.

Yohanes menyadari, ketika membicarakan tentang mengasihi saudara, dia perlu mengatakan sepatah kata mengenai nabi-nabi palsu dan antikristus-antikristus. Kita harus menguji roh-roh dan menjauhkan diri dari nabi-nabi palsu. Walaupun kita perlu mengasihi saudara dan bahkan semua manusia, kita tidak boleh menerima seorang nabi palsu atau seorang antikristus.

Dalam 1 Yohanes 4:1 Yohanes mengatakan kepada kita bahwa “banyak nabi palsu yang telah muncul dan pergi ke seluruh dunia”. Dalam Matius 24:24 nabi-nabi palsu berbeda dengan kristus-kristus palsu. Tetapi di sini, nabi-nabi palsu adalah antikristus-antikristus (ayat 3), yang mengajarkan bidah mengenai persona Kristus (2:18, 22-23). “Dunia” dalam 1 Yohanes 4:1 tidak mengacu kepada alam semesta atau bumi; melainkan mengacu kepada orang-orang, masyarakat manusia di bumi, yang adalah komponen-komponen dari sistem dunia setani.


Sumber: Pelajaran-Hayat 1 Yohanes, Buku 1, Berita 30

No comments: