Hitstat

28 August 2017

Wahyu - Minggu 30 Senin



Pembacaan Alkitab: Yoh. 1:17
Doa baca: Yoh. 1:17
Sebab hukum Taurat diberikan melalui Musa, tetapi anugerah dan kebenaran datang melalui Yesus Kristus.


Dalam kekekalan yang lampau Allah menetapkan untuk memiliki satu ekspresi yang korporat agar diri-Nya mendapatkan ekspresi dan kemuliaan yang sepenuhnya (Ef. 3:9-11; 1:9-11). Karena itu, Dia menciptakan langit, bumi, dan umat manusia. Sejak penciptaan manusia, telah ada empat zaman: zaman nenek moyang (sebelum hukum Taurat), dari Adam sampai Musa (Rm. 5:14); zaman Hukum Taurat, dari Musa sampai Kristus (Yoh. 1:17); zaman anugerah, dari kedatangan kali pertama Kristus sampai "pemulihan segala sesuatu" pada kedatangan Kristus kali kedua (Kis. 3:20-21); dan zaman kerajaan, dari kedatangan Kristus kali kedua sampai akhir Kerajaan Seribu Tahun (Why. 11:15; 20:4, 6). Allah telah memakai keempat zaman ini untuk menggenapkan tujuan-Nya dengan menyempurnakan dan melengkapi umat pilihan-Nya, sehingga mereka dapat menjadi ekspresi korporat-Nya yang kekal. Keempat zaman ini adalah milik langit lama dan bumi lama. Ketika Allah melalui zaman kerajaan menyelesaikan pekerjaan ini, langit lama dan bumi lama akan lenyap oleh api dan dibarui menjadi langit baru dan bumi baru (2 Ptr. 3:10-13), di mana Yerusalem Baru akan datang sebagai ekspresi kekal Allah.

Mari kita melihat keempat zaman ini dengan lebih terperinci. Zaman pertama adalah dari Adam sampai Musa (Rm. 5:14). Dalam setiap zaman, ada orang-orang tertentu yang diperlengkapi oleh Allah. Dalam zaman pertama, nenek moyang dilengkapi. Mereka dilambangkan dengan bintang-bintang dari mahkota di atas kepala wanita universal yang terang (12:1).

Zaman yang kedua, dari Musa sampai Kristus, adalah zaman hukum Taurat. Pada zaman hukum Taurat, Allah menghasilkan kaum saleh Perjanjian Lama dan menyempurnakan beberapa orang dari mereka, seperti Musa, Yosua, Harun, Samuel, Daud, dan nabi-nabi. Kaum saleh ini dilambangkan dengan bulan di bawah kaki perempuan cemerlang dalam Wahyu 12.

Zaman yang ketiga, dari kedatangan kali pertama Kristus sampai pemulihan segala sesuatu pada kedatangan Kristus kali kedua (Kis. 3:20-21), adalah zaman anugerah. Pada zaman ini Allah menghasilkan kaum beriman Perjanjian Baru dan menyempurnakan banyak orang dari antara mereka. Mereka dilambangkan oleh matahari yang menyelubungi perempuan itu.

Zaman keempat adalah zaman kerajaan, zaman pemulihan. Zaman ini akan dimulai pada kedatangan Kristus kali kedua dan berakhir pada akhir Kerajaan Seribu Tahun (11:15; 20:4, 6). Selama zaman kerajaan, Allah akan memperlengkapi sisa bani Israel dan kaum beriman yang belum matang. Selama zaman kerajaan, Allah juga akan memperlengkapi orang-orang Kristen yang belum matang. Jadi dalam zaman kerajaan masih ada satu pekerjaan yaitu memperlengkapi bani Israel dan orang-orang Kristen yang belum matang.

Menurut Alkitab, ada empat zaman dalam alam semesta lama. Setelah zaman tersebut, perlengkapan atas umat Allah akan diselesaikan seluruhnya, dan Allah akan mempunyai satu perempuan universal yang sempurna dan lengkap, Yerusalem Baru. Sungguh jelas kita nampak zaman-zaman itu!


Sumber: Pelajaran-Hayat Wahyu, Buku 4, Berita 58

No comments: