Hitstat

10 April 2009

Lukas Volume 7 - Minggu 4 Sabtu

Ministri Surgawi Kristus dalam Kenaikan-Nya
Lukas 24:51-52
Dan ketika Ia sedang memberkati mereka, Ia berpisah dari mereka dan terangkat ke sorga. Mereka sujud menyembah kepada-Nya, lalu mereka pulang ke Yerusalem dengan sangat bersukacita.

Ayat Bacaan: Luk. 24:51-52; 1 Kor. 15:45; Kis. 2:36; Ef. 4:8

Kenaikan Tuhan ke surga mengarah kepada kedatangan-Nya kembali. Di antara kenaikan-Nya dan kedatangan-Nya kembali ada zaman kasih karunia, supaya Kristus yang pneumatik, yaitu Roh pemberi-hayat (1 Kor. 15:45), dapat menerapkan penebusan-Nya yang almuhit ke atas umat pilihan-Nya, menjadi keselamatan mereka yang sempurna, dan supaya Dia dapat menghasilkan serta membangun gereja, yaitu Tubuh-Nya, untuk mendirikan Kerajaan Allah di bumi.
Hari ini, di dalam kenaikan-Nya, Kristus memiliki ministri surgawi. Dalam ministri surgawi-Nya, Dia melayani sebagai Penguasa dan sebagai Kepala (Kis. 2:36). Sebagai Penguasa raja-raja di bumi, Dia mengatur seluruh dunia supaya injil kerajaan dapat disebarluaskan dan orang-orang pilihan Allah dapat dikumpulkan bersama-sama. Semua raja di bumi ada di bawah pemerintahan-Nya. Menurut sejarah, semua pemerintahan, negara, masyarakat, peristiwa, kemajuan tekhnologi, dan lain-lain; adalah untuk menyebarluaskan injil. Tentu saja, segala sesuatu di bawah pengendalian manusia; tetapi sesungguhnya ada di bawah pengaturan pemerintahan Kristus di atas takhta. Sebagai Kepala Tubuh, Dia memperbaiki, memperlengkapi, melayakkan anggota-anggota-Nya sehingga mereka bisa menggenapkan orang lain pada waktunya. Kemudian Dia mengutus beberapa orang yang telah disempurnakan ke tempat-tempat yang baru untuk menyebarluaskan kerajaan-Nya dan membangun gereja-Nya. Haleluya untuk ministri surgawi-Nya!
Ketika naik ke tempat tinggi, Tuhan Yesus tidak hanya mencurahkan Roh Kudus yang membuat kita mempunyai kekuatan bersaksi bagi Dia, juga memberikan pemberian-pemberian (karunia) kepada kita, supaya kita menerima anugerah, dapat menunaikan tugas, dalam gereja melayani Dia (Ef. 4:8). Kenaikan-Nya membuat Dia mencurahkan Roh Kudus, juga membuat Ia mengaruniakan pemberian-pemberian. Roh Kudus membuat kita mempunyai kekuatan bersaksi bagi-Nya; pemberian-pemberian (karunia-karunia) membuat kita mempunyai kecakapan melayani Dia, membangun gereja bagi-Nya. Itulah yang dilakukan Kristus dalam ministri surgawi-Nya.

No comments: