Hitstat

11 April 2009

Yohanes Volume 1 - Minggu 1 Minggu

Pada Mulanya Adalah Firman
Yohanes 1:1
Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.

Ayat Bacaan: Yoh. 1:1, 3; Ibr. 1:3

Dibandingkan dengan ketiga kitab Injil lainnya, bahasa yang digunakan dalam Injil Yohanes lebih mudah dan sederhana. Walau demikian, tidak berarti bahwa kitab ini dangkal. Sebaliknya, Injil Yohanes merupakan salah satu kitab yang terdalam di Alkitab. Sebagai contoh, kalimat pertama dari kitab ini berkata, “Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.” Dapatkah Anda menjelaskan apa yang dimaksud dengan ungkapan, “Pada mulanya...” dalam ayat tersebut? Sungguh tidak mudah menjelaskannya.
Ungkapan “Pada mulanya...” dalam Yohanes 1:1 ditujukan pada kekekalan yang lampau, yakni sebelum dimulainya waktu, sebelum penciptaan langit dan bumi. Jadi, sebelum segala sesuatu diciptakan, di dalam kekekalan yang lampau, yang ada adalah Firman. Tidak hanya demikian, Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah. Sampai di sini kita bisa mengatakan bahwa Firman adalah permulaan segala sesuatu. Dengan kata lain, tanpa Firman, segala sesuatu tidak memiliki permulaan, sebab segala sesuatu dijadikan oleh Dia (Yoh. 1:3).
Karena Firman adalah permulaan dari segala sesuatu, maka kita dapat menerapkannya dalam kehidupan kita sehari-hari. Ketika kita bangun pagi, apakah yang menjadi permulaan kita? Alangkah baiknya bila Firman menjadi permulaan dari segala aktifitas kita di hari itu. Ketika kita hendak mengambil suatu keputusan penting dalam hidup kita, adakah kita terlebih dahulu datang kepada Firman dan menjadikannya permulaan dari proses pengambilan keputusan itu? Saudara saudari kekasih, Firman haruslah menjadi permulaan dari segala sesuatu dalam kehidupan kita.
Dalam kehidupan pernikahan kita, keluarga kita, pekerjaan kita, pelayanan kita, dan berbagai aspek lainnya dalam hidup kita, Firman haruslah ditempatkan pada urutan yang pertama. Ibrani 1:3 mengatakan bahwa Allah dengan Firman-Nya yang penuh kuasa menopang segala yang ada. Alam semesta ini bisa bekerja dengan sempurna tak lain karena ditopang oleh Firman. Bayangkan, betapa rapuh dan bahayanya kehidupan kita bila tidak ditopang oleh Firman.

No comments: