Hitstat

25 February 2011

Roma Volume 7 - Minggu 2 Jumat

Disalurkan ke dalam Roh Kita
Roma 8:10
Tetapi jika Kristus ada di dalam kamu, maka tubuh memang mati karena dosa, tetapi roh adalah kehidupan oleh karena pembenaran.

Ayat Bacaan: Rm. 8:2, 6, 10, 11

Sebelum diselamatkan, kita tidak memiliki kehidupan (hayat) dalam roh kita. Roh kita hanyalah suatu organ. Pada saat kita menerima Tuhan Yesus, Ia masuk ke dalam roh kita dan menjadi hayat kita. Dalam roh kita sekarang, kita memiliki hayat lain, hayat ilahi. Kata Yunani yang digunakan Perjanjian Baru untuk hayat ini adalah “zoe”. “Zoe” ada di dalam roh kita.
“Bios” adalah hayat jasmani di dalam tubuh kita. “Psuche” adalah hayat manusia di dalam jiwa. “Zoe” yang menunjukkan hayat ilahi ada di dalam roh kita. Hayat ilahi ini adalah Allah sendiri. Hayat ilahi ini adalah Kristus sendiri, Allah sendiri, yang masuk ke dalam roh kita untuk menjadi hayat kita. Sekarang kita memiliki tiga macam hayat. Kita memiliki “zoe” dalam roh kita, kita memiliki “psuche” dalam jiwa kita, dan kita memiliki “bios” dalam tubuh kita. Kita memiliki hayat biologis, hayat jiwa, dan hayat ilahi. Hayat ilahi ini, “zoe”, adalah Roh.
Paulus membicarakan tentang hayat di dalam Roma 8, ia memakai kata Yunani, yaitu kata “zoe”. Di dalam Alkitab, “zoe” menunjukkan hayat Allah, hayat yang ilahi, yang tidak terbatas, tidak tercipta, dan kekal. Di dalam Roma 8 ayat 2, 6, 10, dan 11, Paulus, memakai kata Yunani ini untuk hayat, untuk menunjukkan bahwa Allah damba untuk mendispensikan diri-Nya sendiri sebagai “zoe” ke dalam ketiga bagian dari manusia.
Mengenal bahwa roh kita adalah “zoe” akan menjadi satu bantuan yang besar bagi kita dalam penghidupan kita sehari-hari. Ketika kita tergoda untuk marah, janganlah tertekan oleh kemarahan kita. Sebaliknya, berserulah kepada nama Tuhan Yesus, umumkan saja, “Rohku adalah “zoe”!” Kita akan mengalami “zoe” ini, yang adalah hayat Allah yang ilahi, tak terbatas, tak tercipta dan kekal, akan membawa kita melampaui setiap permasalahan kita. Demikian juga, jika istri atau suami memberikan kesulitan kepada kita, janganlah berdebat, tetapi beritahukanlah orang yang mengganggu kita itu bahwa roh saya adalah “zoe”. Dengan mengatakan hal ini akan memudahkan kita untuk meredam godaan-godaan Satan. Puji Tuhan, roh kita adalah “zoe”! Tinggallah selalu di dalam roh kita, maka kita akan melampaui setiap permasalahan kita!

Siapa saja yang percaya kepada Anak, ia beroleh hidup yang kekal (Yoh. 3:36a)

No comments: