Hitstat

18 May 2011

1 Korintus - Minggu 10 Rabu

Pembacaan Alkitab: 1 Kor. 3:1-9


Sekali lagi saya ingin menunjukkan, ketika kita membaca atau mempelajari Alkitab, kita perlu masuk ke dalam roh penulisnya. Beban roh Paulus dalam 1 Korintus 3 ialah membantu menyadarkan kaum beriman Korintus tentang apa yang mereka miliki dan apa yang mereka butuhkan. Mereka memiliki hayat ilahi dan Roh Kudus, dan mereka perlu pertumbuhan, pertumbuhan dalam hayat dan pertumbuhan dalam Roh Kudus. Jika mereka ingin bertumbuh, mereka perlu beroleh penyiraman.

Walaupun orang kudus bisa menyiram orang lain, namun pertumbuhan hanya datang dari Allah sendiri. Karena pertumbuhan hanya datang dari Allah, maka mereka yang menyiram orang lain harus membantu mereka berkontak dengan Allah. Sesungguhnya berkontak dengan Allah itu sendiri adalah penyiraman. Jadi cara terbaik untuk disirami ialah berkontak dengan Allah. Jika Anda dapat membantu seorang yang lemah atau seorang yang masih hijau rohaninya untuk berkontak dengan Allah, hal itu akan mendatangkan penyiraman yang sejati. Kemudian penyiraman itu akan menyuplaikan unsur-unsur hayat kepada mereka yang telah memiliki hayat ilahi. Sementara unsur-unsur ini ditambahkan kepada mereka, mereka akan memperoleh lebih banyak suplai hayat. Kemudian dengan spontan mereka akan bertumbuh.

Paulus tahu bahwa kaum beriman Korintus perlu diberi makan, disirami, dan lebih banyak suplai hayat. Mereka perlu diberi makan dengan makanan keras (ay. 2), mereka perlu disirami terus-menerus (ay. 6-7), dan mereka perlu lebih banyak suplai hayat dari Allah sehingga mereka dapat bertumbuh dalam hayat. Inilah perkara-perkara yang kita butuhkan dalam kehidupan gereja hari ini. Kita perlu diberi makan dengan makanan keras. Kita perlu menyirami orang lain dan juga disirami. Kita telah nampak, bahkan yang termuda dan yang terlemah di antara kita dapat menyirami orang kudus. Tetapi dalam menyirami orang lain jangan mencoba memecahkan problem mereka atau menyangka melakukan pekerjaan Allah dengan menolong orang lain bertumbuh. Sebaliknya, kita harus bersama-sama menggunakan waktu untuk berkontak dengan Allah. Demikianlah kita menyirami orang lain, dan Allah akan memberi pertumbuhan kepada mereka melalui lebih banyak suplai hayat. Semoga kita semua nampak, bahwa kebutuhan kita yang mendesak ialah pertumbuhan hayat, dan semoga kita menempuh kehidupan yang menghasilkan pertumbuhan dalam hayat, dan semoga kita berfungsi dengan menanam, memberi makan, menyiram, dan juga menyerahkan pertumbuhan sejati ke tangan Allah.


Sumber: Pelajaran-Hayat 1 Korintus, Buku 2, Berita 24

No comments: