Hitstat

13 March 2012

2 Korintus - Minggu 25 Selasa

Pembacaan Alkitab: 2 Kor. 10:1-6


Dalam 2 Korintus 10:1 Paulus mengatakan bahwa ia menasihati demi kelemahlembutan dan keramahan Kristus. Ini menunjukkan bahwa rasul dengan teguh dilekatkan pada Kristus (1:21) dan bersatu dengan Dia, hidup oleh Dia, berperilaku dalam kebajikan-Nya. Semua kebajikan Kristus menjadi kebajikan Paulus. Lemah lembut adalah satu kebajikan dalam keinsanian Kristus berdasarkan hayat ilahi. Kelemahlembutan Kristus bukanlah satu perkara yang sederhana, karena kelemahlembutan ini ada dalam keinsanian-Nya dan oleh hayat ilahi. Ketika Dia di bumi, Dia menempuh satu kehidupan insani oleh hayat ilahi. Melalui perbauran keilahian dan keinsanian ini, kebajikan kelemahlembutan dimanifestasikan.

Prinsipnya sama dengan kebajikan keramahan Kristus. Ramah adalah kebajikan lain dari Kristus yang diperhidupkan dalam keinsanian-Nya oleh hayat ilahi. Tahukah Anda perbedaan antara kelemahlembutan dan keramahan? Memiliki kebajikan lemah lembut berarti Anda tidak melawan orang lain atau bertengkar dengan mereka. Sebaliknya, Anda rela mengalah. Orang yang lemah lembut selalu mengalah terhadap orang lain. Tetapi orang yang kuat dalam alamiahnya bertengkar dan menolak untuk mengalah. Sedikitnya, mereka akan membela diri. Namun, orang yang lemah lembut mengalah, tidak bertengkar, dan tidak menyerang daerah orang lain. Memiliki keramahan berarti rela membiarkan orang lain menyerang. Ini berarti ramah itu menderita kesusahan dan luka-luka. Lemah lembut itu tidak menyerang orang lain, tetapi mengalah terhadap mereka; ramah berarti Anda rela diserang oleh orang lain. Ini adalah dua kebajikan Kristus yang diperhidupkan dalam keinsanian-Nya oleh hayat ilahi.

Karena Paulus memperhidupkan Kristus, maka kebajikan Kristus menjadi kebajikannya. Frase "demi Kristus yang lemah lembut dan ramah" menunjukkan bahwa Paulus bersatu dengan Kristus dan mengambil Kristus sebagai hayatnya. Karena itu, ia menasihati kaum beriman bukan bersandarkan dirinya sendiri, melainkan menasihati mereka dengan kebajikan Kristus, terutama dengan kelemahlembutan dan keramahan Kristus. Paulus menasihati orang lain berdasarkan Kristus, dalam Kristus, dan dengan Kristus.

Setelah memberi tahu kita cara ia menasihati, Paulus selanjutnya membicarakan tentang dirinya, orang yang bagaimanakah dia itu. Paulus mengatakan dalam ayat 1, "Aku, Paulus, seorang yang tidak berani bila berhadapan muka dengan kamu, tetapi berani terhadap kamu bila berjauhan." Gambaran pribadi Paulus ini cocok dengan pokok bahasan 2 Korintus. Pokok bahasan Surat Kiriman ini adalah Paulus adalah orang yang bagaimana dan ia menempuh kehidupan yang bagaimana. Paulus tidak terlalu memperhatikan pekerjaan yang ia lakukan; ia jauh lebih memperhatikan pribadi dan kehidupannya. Seperti yang telah kita tunjukkan, dalam pasal 10 ia bahkan tidak menyinggung tujuan dari nasihatnya. Ia begitu memperhatikan cara ia menasihati sehingga ia tidak menyinggung mengapa ia menasihati.


Sumber: Pelajaran-Hayat 2 Korintus, Buku 3, Berita 50

No comments: