Hitstat

22 March 2013

Efesus - Minggu 26 Jumat


Pembacaan Alkitab: Ef. 5:25-30


Adam dan Hawa tergabung menjadi satu satuan yang lengkap. Seprinsip dengan itu, Kristus dan gereja juga tergabung menjadi satu satuan yang lengkap. Jadi, gereja ialah belahan Kristus yang lain. Adam dengan Hawa menjadi satu daging, tetapi Kristus dan gereja adalah satu roh (1 Kor. 6:17). Kita dapat berkata kepada Tuhan, “Tuhan Yesus, tanpa gereja, Engkau hanya separuh. Engkau tidak lengkap. Demikian pula, tanpa Engkau, kami tidak lengkap.” Terpujilah Tuhan, ketika Kristus dan gereja disatukan, terjadilah satu satuan yang lengkap!

Kristus merawat gereja dengan segala kekayaan Bapa. Kristus ialah wujud kepenuhan ke-Allahan. Maka, segala kekayaan Allah berada di dalam Dia, dan Dia menikmati kekayaan itu. Lalu Ia merawat gereja dengan kekayaan ke-Allahan yang Ia nikmati sendiri.

Hal ini terbukti dalam Yohanes 15. Dalam pasal ini Tuhan Yesus mengatakan bahwa Dia adalah pokok anggur dan Bapa adalah pengusahanya, penggarap, penanam, atau petani. Kita, kaum beriman dalam Kristus, adalah ranting-rantingnya. Pohon anggur merawat ranting-rantingnya dengan apa yang diserapnya dari tanah. Allah Bapa ialah tanah, air dan segala sesuatu bagi Kristus yang menjadi pokok anggur. Pokok anggur menyerap kekayaan dari tanah dan air, mencernanya lalu menyalurkannya kepada ranting-rantingnya. Itulah artinya merawat atau memberi makan. Kristus merawat gereja dengan kekayaan Bapa yang telah diserap dan dicerna-Nya. Melalui merawat gereja, keperluan batiniah gereja dipenuhi oleh Kristus.

Memang benar mengatakan Kristus merawat gereja dengan hayat dan firman-Nya. Tetapi sumbernya bukanlah hayat atau firman, melainkan Bapa. Apa yang diterima Kristus dari Bapa menjadi hayat dan suplai hayat yang terwujud dalam firman. Karena itu, firman adalah firman hayat, bahkan roti hayat atau suplai hayat. Bila kita hari ini ingin menerima perawatan Kristus, kita wajib tinggal di dalam-Nya untuk menyerap unsur-Nya ke dalam diri kita sebagai hayat dan suplai hayat. Untuk mengalami hal ini secara riil, kita perlu berkontak dengan firman hidup dari hari ke hari, sebab firman ialah wujud hayat dan suplai hayat. Semakin kita tinggal di dalam Tuhan dan berkontak dengan firman, kita akan semakin mengalami perawatan-Nya. Inilah cara Kristus merawat gereja.

Ketika kita dirawat dengan hayat dan suplai hayat, kita akan bertumbuh dan dibasuh. Dalam berita berikutnya kita akan nampak bahwa firman yang merawat juga adalah firman yang membasuh. Air yang kita minum membersihkan setiap bagian dalam diri kita. Ketika kita tinggal dalam Tuhan untuk menerima kekayaan Bapa, dan ketika kita berkontak dengan firman untuk menerima hayat dan suplai hayat, kita akan dirawat oleh Kristus. Dengan cara inilah Kristus merawat gereja yang dikasihi-Nya.


Sumber: Pelajaran-Hayat Efesus, Buku 3, Berita 53

No comments: