Hitstat

01 October 2014

Kolose - Minggu 27 Rabu



Pembacaan Alkitab: Kol. 2:8-15; 1 Kor. 6:17


Saya sangat bersyukur kepada Tuhan, karena Ia telah membukakan Kolose 2:7 kepada kita, menunjukkan bahwa kita telah berakar di dalam Kristus, tanah yang kaya ini. Saya juga bersyukur karena nampak dari Kolose 2:8-15, di tanah yang bagaimana kita telah berakar. Jika Anda nampak bahwa kita telah berakar di dalam Kristus yang adalah tanah yang kaya ini, Anda akan terhibur dan terdorong. Jangan resah karena kelemahan Anda. Renungkanlah tanah yang kaya yang di dalamnya Anda telah berakar. Dalam tanah ini apakah Anda tidak mempunyai kepenuhan, sunat, penguburan, kebangkitan, pemberian hayat, penghapusan ketentuan-ketentuan, dan pelucutan kuasa-kuasa kegelapan? Lupakan situasi Anda, kondisi Anda, kegagalan Anda, dan kelemahan Anda, gunakan saja waktu untuk menikmati Tuhan. Gunakan waktu untuk menyerap Dia, menyerap unsur yang kaya dari Dia yang adalah tanah. Jika Anda menggunakan waktu untuk menyerap Tuhan, Anda akan dapat bersaksi bahwa di dalam Kristus Anda tidak akan ada kekurangan.

Tiap pagi kita perlu menggunakan waktu secukupnya untuk menyerap Tuhan. Walaupun hanya sepuluh menit juga baik, lebih baik lagi menggunakan tiga puluh menit untuk menikmati Dia pada permulaan tiap hari yang baru. Jika Anda menggunakan tiga puluh menit untuk menyerap Tuhan dan menikmati Dia di pagi hari, Anda tidak akan diresahkan oleh hal-hal negatif selama sehari itu. “Lalat-lalat” dan “kalajengking-kalajengking” tidak akan mengganggu Anda, sebab unsur dalam tanah itu akan mengusir mereka. Akan tetapi, jika Anda tidak menyerap Tuhan di pagi hari, Anda mudah sekali diganggu oleh “lalat-lalat” dan kalajengking-kalajengking”. Banyak orang kudus dapat bersaksi bahwa menyerap Tuhan di pagi hari akan menyuplai mereka dengan obat pembunuh serangga yang terbaik. Tetapi, kita harus menggunakan waktu untuk beserta dengan Tuhan tidak saja di pagi hari, tetapi juga sepanjang hari. Jika kita mempunyai waktu yang baik untuk beserta dengan Tuhan pada pagi, siang, dan petang, kita tidak saja tersuplai dengan pengontrol hama yang paling efektif, juga akan menikmati satu pesta. Akan tetapi, jika kita tidak setia menggunakan waktu untuk menyerap Tuhan, maka kondisi kita akan berangsur-angsur merosot. Pengalaman kita membuktikan hal ini. Marilah kita berpaling dari pikiran, emosi, dan tekad kita, dan bukalah diri kita kepada Tuhan, latihlah roh kita dan berkata, “O, Tuhan Yesus, aku mengasihi Engkau, aku menyembah Engkau, dan aku memuja Engkau. Tuhan, aku persembahkan diriku kepada-Mu. Aku serahkan hatiku dan setiap hal pada pagi hari ini kepada-Mu.” Ketika Anda berkontak dengan Tuhan sedemikian, janganlah tergesa-gesa. Gunakanlah waktu, lebih banyak lebih baik. Ketika Anda menggunakan waktu berkontak dengan Tuhan, dengan spontan Anda akan menyerap kekayaan tanah itu ke dalam Anda. Kepenuhan, sunat, penguburan, kebangkitan, penyaluran hayat, penghapusan ketentuan-ketentuan, dan pelucutan penguasa-penguasa itu akan menjadi milik Anda. Semua fakta dalam Kitab Kolose ini akan menjadi pengalaman Anda.

Fakta-fakta adalah di dalam Kristus, pengalaman adalah oleh Kristus. Kita mengalami hal-hal ini ketika kita berkontak dengan Tuhan dan menjadi satu dengan Dia secara riil. Semakin kita hidup satu roh dengan Tuhan, kita akan semakin mengalami Kristus yang almuhit dan alwasi yang diwahyukan dalam Kitab Kolose. Jadi, semua hal yang merupakan fakta dalam Kristus akan menjadi pengalaman kita oleh Dia dan bersama Dia. Oh, marilah kita menyerap Dia, menikmati Dia, dan mengalami Dia! Terpujilah Dia, karena kita telah berakar di dalam tanah yang kaya dan subur yang dipenuhi dengan atribut-atribut ilahi dan kebajikan-kebajikan insani yang telah ditinggikan! Setiap hal yang kita perlukan berada dalam tanah ini, dalam tanah permai yang di dalamnya kita telah berakar. Demi pelaksanaan hidup gereja, marilah kita terus berakar dalam tanah ini dan menyerap segala kekayaannya.


Sumber: Pelajaran-Hayat Kolose, Buku 3, Berita 53

No comments: