Hitstat

27 October 2014

Kolose - Minggu 31 Senin



Pembacaan Alkitab: Kol. 3:1-4


Dalam Kolose 1 dan 2 Paulus membahas banyak aspek dari Kristus yang almuhit. Ia memperlihatkan kepada kita betapa Kristus adalah bagian dari semua orang kudus, gambar Allah yang tidak kelihatan, yang sulung dari segala yang diciptakan, yang pertama bangkit dari antara orang mati, dan rahasia Allah. Menurut Kolose 1:27, Kristus yang sedemikian ini berhuni di dalam kita sebagai pengharapan akan kemuliaan kita.

Kolose 3:1 mengatakan, “Karena itu, apabila kamu dibangkitkan bersama dengan Kristus, carilah hal-hal yang di atas, di mana Kristus ada, duduk di sebelah kanan Allah.” Pemakaian kata “karena itu” oleh Paulus dalam ayat ini menunjukkan bahwa pasal 3 dan 4 merupakan akibat dari pasal 1 dan 2 dan berdasar pada pasal-pasal tersebut. Setelah menyajikan begitu banyak kebenaran yang ajaib ten-tang Kristus, Paulus memberi tahu kita, karena itu kita harus mencari hal-hal yang di atas, di mana Kristus ada.

Dalam Kolose 3:3 Paulus mengatakan bahwa “hidupmu (hayatmu) tersembunyi bersama dengan Kristus di dalam Allah.” Perhatikanlah, Paulus tidak mengatakan bahwa hayat kita tersembunyi bersama Kristus di dalam surga. Sebaliknya, ia memberi tahu kita bahwa hayat kita tersembunyi bersama Kristus di dalam Allah, yakni di dalam persona ilahi yang hidup. Ini menunjukkan bahwa Allah sendiri merupakan alam lingkungan di mana kita harus hidup dan bertindak.

Dalam berita ini kita akan nampak bahwa kita bersatu dengan Kristus dalam hal-hal yang di atas. Dalam berita-berita berikutnya kita akan membahas perihal pembaruan manusia baru, damai sejahtera Kristus menjadi juri, perkataan Kristus berdiam di batin kita, dan bertekun dalam doa. Jika kita bersatu dengan Kristus dalam hal-hal yang di atas, kita akan mengalami pembaruan manusia. Kemudian secara riil manusia baru akan diwujudkan melalui damai sejahtera Kristus menjadi juri. Lalu kita akan mengalami perkataan Kristus berdiam di batin kita, dan kita akan bertekun dalam doa. Kelima hal ini merupakan aspek yang penting dari Kolose pasal 3 dan 4. Jika hal-hal ini disingkirkan dari Kolose 3 dan 4, maka pasal-pasal ini akan kekurangan isinya.

Kelima hal yang penting ini erat sekali sangkut-pautnya dengan perilaku orang Kristen. Semua ini sangat berbeda dengan dari ajaran-ajaran etis yang lazim diterima oleh orang-orang Kristen. Menurut ajaran etis mereka, kaum beriman dianjuri untuk memperbaiki kelakuan mereka, harus menjadi tetangga yang baik, harus patuh, dan harus mengasihi orang. Tidak usah disangsikan, semua itu ada di dalam Alkitab. Namun, itu semua mudah sekali dimengerti menurut konsepsi alamiah. Pikiran alamiah manusia tidak pernah memikirkan hal-hal seperti bersatu dengan Kristus dalam hal-hal yang di atas, mengalami pembaruan manusia baru, atau memiliki damai sejahtera Kristus yang menjadi juri di dalam kita. Tentu saja, dalam Kitab Kolose Paulus juga menyinggung tentang masalah suami dan istri, hamba dan majikan, orang tua dan anak-anak. Tetapi kata-katanya itu berkaitan dengan manusia baru, damai sejahtera Kristus, perkataan Kristus, dan bertekun dalam doa.


Sumber: Pelajaran-Hayat Kolose, Buku 3, Berita 61

No comments: