Hitstat

04 April 2015

2 Timotius - Minggu 1 Sabtu



Pembacaan Alkitab: 2 Tim. 1:15-18


Janganlah kita mengira bahwa setiap orang yang masuk ke dalam pemulihan Tuhan akan tetap tinggal. Karena hidup gereja adalah ujian bagi setiap orang, sejumlah orang tertentu akhirnya akan meninggalkannya. Akan tetapi, jangan kecewa karena hal ini. Kita harus bersemangat sama seperti Timotius yang diberi semangat oleh perkataan Paulus. Ya, jalan pemulihan Tuhan adalah suatu ujian dan suatu penyingkapan. Tetapi pemulihan juga membuktikan bahwa walaupun ada orang-orang yang meninggalkannya seperti Figelus dan Hermogenes, namun yang lainnya seperti Onesiforus, tetap berdiri kokoh. Hari ini dalam pemulihan-Nya, Tuhan mempunyai ratusan, bahkan ribuan orang-orang yang sedemikian.

Paulus ingin agar Tuhan menunjukkan rahmat-Nya kepada Onesiforus baik pada zaman ini maupun pada "hari-Nya". Hal ini menunjukkan berkat rangkap, berkat kepada seisi rumah Onesiforus pada zaman ini dan berkat bagi Onesiforus sendiri pada hari kedatangan Tuhan yang menang. Maukah Anda menerima berkat rangkap ini dan rahmat Tuhan? Jika ya, jangan menjadi Figelus atau Hermogenes, tetapi jadilah Onesiforus. Ketika orang-orang berpaling, tetaplah bersama rasul dan ministrinya.

Setelah kami pergi ke Taipei dari daratan China, kami membangun balai sidang yang dapat menampung kira-kira lima ratus orang. Hari Tuhan yang pertama setelah bangunannya rampung, balai sidang yang baru itu penuh, terutama oleh orang-orang Kristen yang telah melarikan diri dari daratan China. Menyadari situasi jemaat, saya mengucapkan perkataan yang terus terang. Saya berkata, "Dalam kekristenan hari ini terdapat bermacam-macam gereja. Beberapa dari gereja ini akan menunjang Anda dalam hal pernikahan Anda, yang lain akan membantu Anda dalam problem pengobatan Anda, dan masih ada yang lainnya akan membantu Anda mendapatkan pekerjaan. Beberapa gereja akan memberikan kesempatan bagi orang-orang yang berbakat atau kaya. Bila Anda memiliki kemampuan tertentu, mereka akan memberi Anda jabatan. Akan tetapi, gereja di sini tidak menyediakan bantuan seperti itu untuk Anda. Selanjutnya, tidak ada posisi untuk memuaskan ambisi Anda. Bila Anda menginginkan hal-hal tersebut, Anda berada di tempat yang salah, karena gereja di sini hanya memperhatikan pemberitaan Injil yang murni, mengajarkan Alkitab, dan membantu orang menerima Kristus, mengasihi Dia, dan tumbuh di dalam-Nya. Kami di sini bukan untuk urusan-urusan duniawi. Kami memperhatikan hal-hal surgawi. Semua orang yang benar-benar menuntut hal-hal surgawi, silakan terus bersidang dengan kami, yang lain pergi saja ke tempat lain untuk mendapatkan bantuan yang Anda cari." Hari Tuhan berikutnya, lebih dari separuhnya tidak kembali. Kami tahu bahwa mereka yang datang kembali adalah orang-orang yang memperhatikan perkara-perkara Tuhan. Hampir semuanya dari mereka yang tinggal itu didapatkan oleh Tuhan dan berada dalam hidup gereja.

Sekali lagi saya ingin mengatakan bahwa dalam pemulihan Tuhan kita hanya memperhatikan Kristus dan gereja. Ini adalah slogan perang kita. Sasaran kita bukan menolong orang-orang yang mengejar duniawi, lebih-lebih tidak akan memuaskan ambisi mereka untuk mendapat kedudukan. Kita di sini meministrikan Kristus untuk gereja menurut tujuan kekal Allah. Jika Anda menuntut Kristus dan gereja, maka hidup gereja adalah tempat Anda. Orang-orang yang menuntut sesuatu selain Kristus dan gereja, akhirnya akan menyadari bahwa hidup gereja bukanlah tempat bagi apa yang mereka tuntut, dan mereka akan meninggalkannya.


Sumber: Pelajaran-Hayat 2 Timotius, Berita 2

No comments: