Hitstat

04 January 2017

1 Yohanes - Minggu 20 Rabu



Pembacaan Alkitab: 1 Yoh. 5:20
Doa baca: 1 Yoh. 5:20
Akan tetapi, kita tahu bahwa Anak Allah telah datang dan telah mengaruniakan pengertian kepada kita, supaya kita mengenal Yang Benar; dan kita ada di dalam Yang Benar, di dalam Anak-Nya Yesus Kristus. Dialah Allah yang benar dan hidup yang kekal.


Dalam 5:20 Yohanes mengatakan bahwa Anak Allah telah memberi kita satu pengertian sehingga kita dapat mengenal Yang Benar, atau mengetahui Yang Benar. Pengertian ini adalah fungsi pikiran kita yang diterangi dan dikuatkan oleh Roh realitas (Yoh. 16:12-15) untuk memahami realitas ilahi dalam roh kita yang dilahirkan kembali. Dalam ayat ini “mengetahui” adalah kemampuan hayat ilahi untuk mengenal Allah yang benar (Yoh. 17:3) dalam roh kita yang dilahirkan kembali (Ef. 1:17) melalui pikiran kita yang diperbarui, diterangi oleh Roh realitas.

Pengertian yang dibicarakan dalam ayat 20 meliputi pikiran kita, roh kita, dan Roh realitas. Menurut alamiah kita, roh kita mati, dan pikiran kita gelap. Sebab itu, dalam alamiah kita, kita tidak mempunyai kemampuan untuk mengenal Allah.

Tuhan Yesus, Anak Allah, telah datang dan telah memberi kita satu pengertian agar kita dapat mengenal Allah yang sejati dan riil. Dia telah datang kepada kita dengan langkah-langkah inkarnasi, penyaliban, dan kebangkitan. Dia menyempurnakan penebusan bagi kita, dan ketika kita bertobat dan percaya kepada Dia, kita menerima Dia. Sekarang karena kita telah percaya kepada Dia dan menerima Dia, dosa-dosa kita telah diampuni, pikiran kita yang gelap telah diterangi, dan roh kita yang mati telah dihidupkan. Selanjutnya, Roh realitas, yang adalah Roh wahyu, telah datang ke dalam diri kita. Ini berarti Roh realitas telah ditambahkan kepada roh kita yang dihidupkan dan telah menyinari pikiran kita untuk meneranginya. Sekarang kita mempunyai satu pikiran yang diterangi dan roh yang dihidupkan dengan Roh realitas, yang mewahyukan realitas rohani kepada kita. Sebagai akibatnya, kita pasti mempunyai satu pengertian dan dapat mengenal Yang Benar. Sebelum kita beroleh selamat, kita tidak mempunyai pengertian ini. Tetapi Putra Allah telah datang kepada kita dan telah memberi kita pengertian ini sehingga kita dapat mengenal Allah.

Dalam 5:20 Yohanes berbicara tentang mengenal Yang Benar. Di sini kata “mengenal” sebenarnya berarti mengalami, menikmati, dan memiliki. Karena itu, mengenal Yang Benar adalah mengalami, menikmati, dan memiliki Yang Benar. Di dalam alam semesta ini hanya Allah sendiri adalah Yang Benar. Kita perlu hayat Allah untuk mengalami, menikmati, dan memiliki Dia.

Anak Allah telah datang melalui inkarnasi dan melalui kematian dan kebangkitan dan telah memberi kita satu pengertian, kemampuan untuk mengenal Allah yang benar. Pengertian ini mencakup pikiran kita yang diterangi, roh kita yang dihidupkan, dan Roh Kudus yang mewahyukan. Karena pikiran kita telah diterangi, roh kita telah dihidupkan, dan Roh realitas berhuni di dalam kita, kita mempunyai kemampuan untuk mengenal Allah, kemampuan untuk mengalami, menikmati, dan memiliki Yang Benar.


Sumber: Pelajaran-Hayat 1 Yohanes, Buku 2, Berita 39

No comments: