Hitstat

01 July 2017

Wahyu - Minggu 21 Sabtu



Pembacaan Alkitab: Dan. 11:39-45
Doa baca: Dan. 11:45
Ia akan mendirikan kemah kebesarannya di antara laut dan gunung Permai yang kudus itu, tetapi kemudian ia akan menemui ajalnya dan tidak ada seorang pun yang menolongnya.


Antikristus akan meninggikan orang-orang yang mengakuinya (11:39). Ia akan memberi mereka kemuliaan, kekuasaan untuk memerintah dan sebagian tanah sebagai upah mereka. Daniel 11:40 mengatakan bahwa Antikristus "akan memasuki negeri-negeri, dan menggenangi dan meliputi semuanya seperti air bah". Hal itu berarti ia akan menaklukkan bangsa-bangsa yang akan diserbunya. Antikristus juga akan memasuki "Tanah Permai" (Dan. 11:41). "Tanah Permai" adalah Tanah Kudus. Hal itu menunjukkan ia juga akan menaklukkan bangsa Israel. Namun Kristus akan mengakhirinya di perang Harmagedon dan tidak ada seorang pun yang akan membantunya meloloskan diri (11:45).

Setelah kita memperhatikan butir-butir mengenai Antikristus ini, kita nampak orang macam apa dia dan dari mana ia akan datang. Saya yakin, menurut Alkitab, ia akan datang dari Yunani atau dari wilayah kekuasaan Makedonia kuno. Mungkin, ia adalah keturunan warga negara Yunani dan berasal dari daerah itu. Kekaisaran Romawi Timur mencakup empat bagian kekaisaran Aleksander Agung. Menurut nubuat, Antikristus tidak mungkin berasal dari Kekaisaran Romawi Barat, melainkan dari salah satu dari keempat kerajaan di wilayah kekaisaran Yunani dan Makedonia. Kerajaan-kerajaan itu terletak di wilayah Kekaisaran Romawi Timur. Dengan tegas saya katakan bahwa Antikristus mungkin berasal dari warga negara dan daerah Yunani. Kita perlu berjaga-jaga dan mengamati segala peristiwa di Yunani. Sebagian besar nubuat dalam Daniel 2, 7-8, dan 11 telah tergenap. Karena nubuat-nubuat itu telah tergenap secara harfiah, nubuat-nubuat yang lain juga akan tergenap secara demikian. Antikristus akan maju dari Makedonia atau Yunani ke selatan (Mesir), ke timur (Siria), dan ke Tanah Kudus (tanah Israel). Situasi dunia hari ini terpusat di Timur Tengah. Kita harus percaya bahwa waktunya sudah dekat dan tidak lama lagi Kristus dan Antikristus akan datang. Namun, kita tidak menunggu Antikristus -- kita menunggu Kristus. Setiap hari, saya mengamati situasi di Timur Tengah dan melatih roh saya sehubungan dengan peristiwa di wilayah itu. Puji Tuhan, kita memiliki terang firman Tuhan dalam nubuat-Nya.

Melalui mempelajari nubuat-nubuat tentang Antikristus, kita dapat menyimpulkan bahwa ia adalah wujud akhir dari kekuatan duniawi. Dalam pandangan Allah, kekuatan duniawi dimulai dari Babel, yang diikuti oleh kekaisaran Media-Persia, kekaisaran Makedonia dan Kekaisaran Romawi. Kekaisaran Media-Persia menyusul kekaisaran Babel, kekaisaran Makedonia menyusul kekaisaran Media-Persia, dan Kekaisaran Romawi menyusul kekaisaran Makedonia. Dari hal-hal itu kita nampak, kekuatan dunia berlangsung dari satu kekaisaran ke kekaisaran yang lain. Akhirnya, dari Kekaisaran Romawi akan muncul Antikristus sebagai wujud akhir dari kekuatan duniawi. Ketika Antikristus dikalahkan dan dicampakkan ke telaga api, kekuatan duniawi akan sepenuhnya berakhir.

Menurut Daniel 2, sebuah batu "terungkit lepas tanpa perbuatan tangan manusia" akan jatuh dari surga dan mengenai kesepuluh jari patung itu (ayat 34). Batu itu tidak hanya akan memukul kesepuluh jari kaki patung itu, melainkan seluruh patung itu, dari kepala sampai jari kakinya. Seperti kita ketahui, batu itu adalah Kristus. Hari ini, Ia adalah batu bangunan (Mat. 21:42; Kis. 4:10-12), tetapi pada hari itu, Ia akan menjadi batu yang menimpa orang (Mat. 21:44). Bagi gereja, Kristus adalah batu bangunan, tetapi bagi kekuatan duniawi, Ia adalah batu timpaan yang akan menimpa seluruh patung itu hingga hancur berkeping-keping.


Sumber: Pelajaran-Hayat Wahyu, Buku 3, Berita 41

No comments: