Hitstat

10 July 2017

Wahyu - Minggu 23 Senin



Pembacaan Alkitab: Why. 13:11-18
Doa baca: Why. 13:11
Lalu aku melihat seekor binatang lain keluar dari dalam bumi dan bertanduk dua sama seperti anak domba dan ia berbicara seperti  seekor naga.


Binatang lain dalam Wahyu 13:11 adalah nabi palsu (16:13; 19:20; 20:10). Karena bumi, tanah, melambangkan negara Israel, maka binatang lain ini, nabi palsu, akan berasal dari orang Yahudi. Sejumlah peneliti nubuat yakin bahwa nabi palsu ini tidak lain adalah Yudas Iskariot. Saya percaya pendapat demikian tepat. Menurut Kisah Para Rasul 1:25, setelah kematiannya, Yudas "pergi ke tempatnya sendiri" (Tl.), bukan "dikumpulkan kepada kaum leluhurnya", seperti orang-orang lainnya yang tercatat di dalam Alkitab (Kej. 25:17; 35:29). Meskipun ada banyak orang palsu dalam sejarah, namun tidak seorang pun yang dipenuhi dengan Iblis seperti Yudas. Dalam Yohanes 6:70-71 kita nampak Tuhan Yesus menyebut Yudas sebagai Iblis. Karena Yudas dipenuhi oleh Iblis, maka ia bersatu dengan Iblis. Tidak ada seorang pun yang sepadan dengan Yudas dalam gambarannya sebagai nabi palsu.

Pada waktu kesusahan besar, umat Allah di bumi perlu dikuatkan. Allah tahu akan hal ini, karena itu dalam kedaulatan-Nya, Ia memelihara Musa dan Elia untuk kesaksian-Nya pada saat itu. Allah juga menahan Nero dan Yudas, tetapi berbeda dengan Musa dan Elia, mereka bukan berada di tempat yang menyenangkan. Yang satu berada di jurang maut, sedang yang lain berada di "tempatnya sendiri." Karena itu, dua orang dipelihara Allah untuk tujuan-Nya yang positif, sedang dua orang lainnya ditahan untuk tujuan-Nya yang negatif. Roh Nero ditahan di dalam jurang maut hingga saat pengukuhan kaisar terakhir dari Kekaisaran Romawi sebagai Antikristus. Yudas ditahan di tempatnya sendiri hingga saatnya menampakkan diri sebagai nabi palsu. Dengan kedaulatan pemeliharaan atau penahanan Allah terhadap keempat orang ini, kita nampak alam semesta dan seluruh umat manusia ada di bawah tangan kedaulatan Allah.

Berabad-abad yang lalu, Allah telah mempersiapkan Musa dan Elia. Telah kita tunjukkan, Musa mewakili hukum Taurat, sedang Elia, mewakili nabi-nabi. Pada zaman dulu, orang-orang Yahudi menyebut Perjanjian Lama "kitab Taurat dan nabi-nabi." Karena Musa dan Elia akan menjadi dua orang saksi, maka Allah sengaja memeliharanya. Suatu hari, setelah Iblis dilemparkan ke bumi dan menjelma ke dalam Antikristus, yang akan menjalankan kuasa setaninya untuk menganiaya umat Allah, Allah akan mengutus kedua saksi ini untuk menguatkan umat-Nya. Saat itu, Iblis akan memanggil Yudas keluar, agar ia bekerja untuk Iblis seperti yang telah dilakukannya dulu. Sama seperti roh Nero akan keluar dari jurang maut dan menjadi Antikristus, demikian juga Yudas akan keluar dari tempatnya sendiri dan menjadi nabi palsu. Karena itu, selama tiga setengah tahun masa kesusahan besar, keempat orang istimewa ini akan ada di bumi -- Musa, Elia, Nero dan Yudas. Mungkin keempat orang ini akan saling berhadapan muka. Saya ingin tahu apa yang dikatakan Musa dan Elia kepada Yudas. Musa dan Elia akan memberikan kesaksian yang melawan Antikristus dan nabi palsu. Bayangkan, betapa situasi pada saat keempat orang ini bertemu satu sama lain!


Sumber: Pelajaran-Hayat Wahyu, Buku 3, Berita 44

No comments: