Hitstat

01 November 2018

Markus - Minggu 21 Kamis


Pembacaan Alkitab: Mrk. 13:1-37
Doa baca: “Ketika Yesus keluar dari Bait Allah, seorang murid-Nya berkata kepada-Nya, 'Guru, lihatlah betapa besarnya batu-batu itu dan betapa megahnya gedung-gedung itu!'” (Mrk. 13:1)


Kristus sebagai Pengganti yang Universal


Markus 13 bukan hanya pasal mengenai nubuat, tetapi juga perkataan persiapan yang diberikan oleh Tuhan Yesus bagi para pengikut-Nya. Dalam Markus pasal 11, Tuhan Yesus menyucikan Bait (11:15-17). Dalam pengertian sesungguhnya, Tuhan menghukum Bait. Setelah menyucikan Bait, Tuhan Yesus berhadapan dengan para pemimpin Yudaisme, khususnya mereka yang peduli terhadap Bait. Setelah penanggulangan yang menyeluruh secara demikian terhadap Bait dan terhadap para pemimpin Yahudi, Tuhan pergi meninggalkan Bait. Markus 13:1 menunjukkan dengan jelas bahwa murid-murid Tuhan masih diduduki dengan konsepsi tradisional tentang Bait, yang adalah tanda atau simbol dari agama Yahudi. Bagi murid-murid yang masih memiliki pandangan sedemikian terhadap Bait berarti mereka sepenuhnya masih diduduki oleh agama mereka yang usang.

Ketika Tuhan Yesus berada di bumi, tujuan Allah dalam pengaturan-Nya adalah mengubah zaman dari hal-hal yang usang kepada Kristus. Allah menghendaki Kristus menggantikan hal-hal dari zaman terdahulu. Kristus sebagai pengganti yang universal kali pertama diwahyukan di Gunung Perubahan. Tuhan membawa tiga orang murid-Nya ke puncak gunung ini untuk menunjukkan kepada mereka bahwa Allah dalam pengaturan-Nya bermaksud mengganti segala sesuatu dengan Kristus. Segala sesuatu dan setiap orang harus digantikan dengan Kristus, Sang Almuhit.

Ketika Tuhan Yesus menyucikan Bait, Dia sedang bersiap untuk menggantikan hal-hal yang usang dengan diri-Nya sendiri. Dia sedang menyingkirkan, menghapuskan hal-hal dari zaman lama untuk mempersiapkan jalan bagi murid-murid- Nya guna mengambil Dia sebagai pengganti mereka. Dia sedang mempersiapkan mereka untuk dibawa ke dalam kematian dan kebangkitan-Nya sehingga Dia bisa menjadi pengganti mereka yang almuhit.


Sumber: Pelajaran-Hayat Markus, Buku 2, Berita 41

No comments: