Hitstat

16 December 2007

Matius Volume 8 - Minggu 2 Senin

Memperhatikan Perkataan Nubuat
2 Petrus 1:19
Dengan demikian kami makin diteguhkan oleh firman yang telah disampaikan oleh para nabi. Alangkah baiknya kalau kamu memperhatikannya sama seperti memperhatikan pelita yang bercahaya di tempat yang gelap sampai fajar menyingsing dan bintang timur terbit bersinar di dalam hatimu.

Matius 24:1-25:46 merupakan nubuat kerajaan mengenai Israel, mengenai gereja, dan mengenai bangsa-bangsa. Nubuat ini menjelaskan hal-hal apa saja yang akan terjadi sejak kenaikan Kristus ke Surga sampai dengan dimulainya zaman Kerajaan Seribu Tahun.
Perkataan nubuat di dalam Kitab Suci adalah seperti pelita yang bersinar bagi kita yang menyampaikan terang rohani untuk bersinar di dalam kegelapan kita, membimbing kita untuk masuk ke dalam hari yang cemerlang, bahkan untuk melalui malam yang gelap sampai hari penampakan Tuhan terbit dan bintang fajar terbit di hati kita (Why. 22:16; 2:28; 2 Tim. 4:8). Tuhan telah memberikan banyak poin nubuat kepada kita di dalam Firman-Nya sehingga mereka dapat menjadi pelita yang bersinar di dalam zaman yang gelap. Ini akan menyebabkan dan mendorong kita untuk dengan serius mencari hadirat Tuhan dan berjaga-jaga sehingga kita tidak kehilangan Tuhan di dalam bagian yang tersembunyi dari kedatangan-Nya (parousia) ketika Dia akan datang seperti pencuri (Mat. 24:27, 43; 2 Tes. 2:8).
Matius 24:1-31 khusus membicarakan tentang nubuat terhadap bangsa Israel yang dimulai dari kenaikan Kristus sampai akhir zaman. Nubuat ini meliputi akan diruntuhkannya Bait Allah, munculnya penyesatan, deru perang dan kabar tentang perang, penganiayaan oleh bangsa-bangsa karena nama Tuhan, pemberitaan Injil Kerajaan hingga ke seluruh dunia, dan munculnya Pembinasa keji yang menimbulkan kesusahan besar. Keenam hal tersebut merupakan tanda yang akan mendahului kedatangan Kristus ke bumi. Beberapa aspek nubuat dalam Matius 24:1-14 sudah digenapi, dan sebagian lagi masih dalam proses penggenapan. Setelah membaca Matius 24:1-31, mungkin kita merasa bahwa keenam tanda di atas tidak ada kaitannya dengan kita. Walau demikian, kita masih bisa berbagian dalam penggenapan nubuat ini dengan memberitakan Injil Kerajaan.

2 Ptr. 1:19; Mat. 24:1-14; Kis. 20:24; Why. 1:9

Matius 24:14 mengatakan, “Dan Injil Kerajaan ini akan diberitakan di seluruh dunia menjadi kesaksian bagi semua bangsa, sesudah itu barulah tiba kesudahannya.”Apakah yang dimaksud dengan Injil Kerajaan? Injil Kerajaan berbeda dengan Injil kasih karunia. Injil kasih karunia menekankan pengampunan dosa, penebusan Allah, dan hidup kekal, sedangkan Injil kerajaan menekankan pemerintahan surgawi Allah dan wewenang Tuhan. Injil kerajaan, yang meliputi Injil kasih karunia (Kis. 20:24), tidak hanya membawa manusia ke dalam keselamatan Allah, tetapi juga membawa mereka masuk ke dalam ruang lingkup Kerajaan Surga (Why. 1:9). Injil kerajaan ini akan diberitakan ke seluruh bumi sebagai satu kesaksian kepada semua bangsa sebelum akhir zaman ini. Kita tidak seharusnya secara pasif menunggu penggenapan nubuat, tetapi dengan aktif memberitakan Injil Kerajaan. Semakin jauh Injil Kerajaan diberitakan, semakin dekat hari kedatangan Kristus kali kedua. Inilah cara kita untuk berbagian dalam penggenapan nubuat.
Gereja bertanggung jawab untuk bekerja sama dengan Allah demi mendatangkan manifestasi Kerajaan Surga. Karena itu, gereja tidak bisa tidak memperhatikan masalah akhir zaman. Setelah akhir zaman, barulah Kerajaan Surga tiba. Itulah sebabnya dalam ayat ini Tuhan Yesus berkata kepada kita bahwa Kerajaan ini akan diberitakan di seluruh dunia, barulah tiba kesudahannya. Dengan perkataan lain, Injil Kerajaan harus diberitakan ke seluruh dunia, barulah Kerajaan Surga tiba. Sungguh, jika ingin mengakhiri zaman ini, anak-anak Allah harus bersaksi bagi Injil Kerajaan. Jika kita ingin Kerajaan Allah tiba, ingin kuasa pemerintahan Allah ternyata di dunia, ingin Iblis dan kuasanya terusir, kita harus bangun untuk bersaksi bagi Injil Kerajaan. Begitu anak-anak Allah bangkit untuk kesaksian Injil Kerajaan, yaitu saat anak-anak Allah menginginkan apa yang diinginkan oleh Allah, membenci apa yang dibenci Allah, tekad mereka serasi dengan kehendak Allah, maka Allah akan membangkitkan pekerjaan-Nya. Jangan sekali-kali mengira bahwa akhir zaman itu akan datang dengan sendirinya. Hari ini Allah sedang menunggu, sedang mencari orang-orang yang sehati dengan-Nya, yang mau bekerja sama dengan-Nya, untuk mendatangkan kesudahan zaman ini. Siapakah yang mau melakukan pekerjaan yang sangat besar ini?

Doa:
Injil kerajaan-Mu harus diberitakan dahulu, barulah tiba kesudahannya. Tuhan,aku mau berbagian di dalam perluasan Injil. Masih banyak orang yang membutuhkan dan perlu mendengar injil diberitakan. Celikkan mataku sekarang untuk melihat yang terpenting dan yang mustika, yaitu berbagian dalam penyebarluasan Injil Kerajaan.

No comments: