Hitstat

07 October 2008

Lukas Volume 1 - Minggu 2 Rabu

Beroleh Kasih Karunia untuk Melahirkan Yesus
Lukas 1:30-31
Kata malaikat itu kepadanya: “Jangan takut, hai Maria, sebab engkau beroleh kasih karunia di hadapan Allah. Sesungguhnya engkau akan mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki dan hendaklah engkau menamai Dia Yesus.”

Ayat Bacaan: Luk. 1:26-35; Yoh. 7:52; 1:46; Bil. 13:16 Ibr. 4:8; Mat. 11:28-29

Maria beroleh kasih karunia di hadapan Allah untuk melahirkan Yesus (Luk. 1:30-31). Lukas 1:26-27 mengatakan, “Dalam bulan yang keenam malaikat Gabriel disuruh Allah pergi ke sebuah kota di Galilea bernama Nazaret, kepada seorang perawan yang bertunangan dengan seorang bernama Yusuf dari keluarga Daud; nama perawan itu Maria.” Galilea adalah sebuah daerah yang tidak terkenal, dan Nazaret adalah sebuah kota yang diremehkan orang (Yoh. 7:52; 1:46). Dara Maria hidup di sebuah kota yang diremehkan di suatu wilayah yang tidak memiliki ketenaran, namun Maria adalah keturunan keluarga raja dari Raja Daud (Luk. 1:31-32; Mat. 1:16).
Menurut Lukas 1:28-30, malaikat itu memberitahu Maria bahwa ia adalah orang yang dikaruniai, orang yang disertai dengan kasih karunia, dan bahwa ia beroleh kasih karunia di hadapan Allah. Kemudian dalam Lukas 1:31 malaikat Gabriel itu melanjutkan berkata, “Sesungguhnya engkau akan mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki dan hendaklah engkau menamai Dia Yesus.” “Yesus” adalah kata Yunani yang sama dengan kata Ibrani Yosua (Bil. 13:16), yang berarti Yehova Juruselamat, atau keselamatan Yehova. Maka, Yesus bukan hanya seorang Manusia melainkan Yehova, dan bukan hanya Yehova, melainkan Yehova menjadi keselamatan kita. Jadi, Dia adalah Penyelamat kita. Dia adalah Yosua kita yang membawa kita masuk ke dalam perhentian (Ibr. 4:8; Mat. 11:28-29), yang adalah diri-Nya sendiri sebagai tanah permai bagi kita. Haleluya!
Dalam Lukas 1:35 kita nampak dengan jelas bahwa Yesus dikandung dari Roh Kudus: “Roh Kudus akan turun atasmu dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kaulahirkan itu akan disebut kudus, Anak Allah.” Matius 1:18 dan 20 memberi tahu kita bahwa Maria “mengandung dari Roh Kudus”, dan “anak yang di dalam kandungannya adalah dari Roh Kudus”. Ini menunjukkan bahwa unsur ilahi yang berasal dari Roh Kudus telah terkandung dalam rahim Maria sebelum dia melahirkan bagi Yesus. Melihat kehidupan Maria yang saleh dan taat kepada Tuhan, tidak mengherankan bila ia pun beroleh kasih karunia di hadapan Allah untuk melahirkan Yesus.

No comments: