Hitstat

15 October 2008

Lukas Volume 1 - Minggu 3 Kamis

Hari Ini Telah Lahir Bagimu Juruselamat
Lukas 2:10-11
Lalu kata malaikat itu kepada mereka: “Jangan takut, sebab sesungguhnya aku memberitakan kepadamu kesukaan besar untuk seluruh bangsa: Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud.”

Ayat Bacaan: Luk. 2:8-14; Yes. 9:5

Kelahiran Manusia-Penyelamat diberitakan kepada gembala-gembala oleh malaikat sebagai kabar baik dengan kesukaan yang besar bagi semua orang (Luk. 2:8-10). Lukas 2:8 mengatakan, “Di daerah itu ada gembala-gembala yang tinggal di padang menjaga kawanan ternak mereka pada waktu malam.” Pekerjaan mereka dalam menggembalakan kawanan domba (tidak hanya menyediakan makanan bagi manusia, tetapi juga kurban persembahan kepada Allah) dan kerajinan mereka dalam berjaga malam melayakkan mereka menjadi yang pertama menerima kabar gembira tentang kelahiran ajaib dari Penyelamat yang diumumkan oleh malaikat.
Dalam Lukas 2:10-11, malaikat itu berkata kepada gembala-gembala itu, ”Jangan takut, sebab sesungguhnya aku memberitakan kepadamu kesukaan besar untuk seluruh bangsa; Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus,Tuhan, di kota Daud.” Kabar baik dengan kesukaan yang besar ini harus diberitakan kepada semua orang. Kabar baik ini harus diberitakan kepada orang-orang Yahudi, juga kepada seluruh umat manusia.
Dalam Lukas 2:12 malaikat itu melanjutkan, “Inilah tandanya bagimu: Kamu akan menjumpai seorang bayi dibungkus dengan kain lampin dan terbaring di dalam palungan.” Seorang bayi di dalam palungan, menunjukkan kerendahan hati, tanda dari kehidupan Manusia-Penyelamat. Bayi kecil ini disebut Allah yang perkasa dalam nubuat mengenai Manusia-Penyelamat (Yes. 9:5).
Lukas 2:13-14 mengatakan, “Tiba-tiba tampaklah bersama-sama dengan malaikat itu sejumlah besar bala tentara surga yang memuji Allah, katanya, ‘Kemuliaan bagi Allah di tempat yang mahatinggi dan damai sejahtera di bumi di antara manusia yang berkenan kepada-Nya.’” Sorak-sorai para malaikat yang bergembira karena kelahiran Penyelamat bagi keselamatan manusia menghasilkan pujian kepada Allah. Kedatangan Penyelamat membawa kemuliaan bagi Allah di surga dan membawa damai sejahtera bagi manusia di bumi. Pujian bala tentara surga ini memiliki dua aspek: kemuliaan bagi Allah di tempat yang mahatinggi dan damai sejahtera di antara manusia di bumi. Kristus adalah bagi kemuliaan Allah dan damai sejahtera manusia.

No comments: