Hitstat

17 June 2009

Yohanes Volume 3 - Minggu 2 Kamis

Barangsiapa Makan Aku, akan Hidup oleh Aku
Yohanes 6:57
Sama seperti Bapa yang hidup mengutus Aku dan Aku hidup oleh Bapa, demikian juga barangsiapa yang memakan Aku, akan hidup oleh Aku.

Ayat Bacaan: Yoh. 6:56-57

Ketika kita makan Kristus, kita hidup oleh Dia (Yoh. 6:57). Karena Kristus adalah perwujudan Allah Tritunggal, makan Kristus berarti makan Allah Tritunggal. Yesus Kristus, Juruselamat kita, perwujudan Allah Tritunggal, adalah roti hayat juga manna sehari-hari kita, makanan sehari-hari kita. Melalui makan Dia, kita mengekspresikan Dia. Ekspresi ini adalah kepenuhan Dia yang memenuhi semua dan di dalam segala sesuatu. Melalui makan Dia, akhirnya kita menjadi kepenuhan Allah Tritunggal. Kita dapat menjadi ekspresi yang sedemikian adalah melalui makan Yesus.
Makan Yesus sangatlah sederhana, yaitu dengan menerima Dia dan membiarkan Dia diasimilasi di dalam kita. Makan berarti menerima makanan ke dalam kita; makan Yesus berarti menerima Dia ke dalam kita. Hasil dari kita memakan Dia adalah kepenuhan Dia yang memenuhi semua dan dalam segala sesuatu dan juga dari Allah Tritunggal. Kepenuhan ini adalah gereja. Jadi, gereja bukan hanya sekumpulan orang, juga bukan hanya rumah Allah, keluarga Allah; gereja juga adalah Tubuh, organisme dari Kristus yang hidup, yang akhirnya menjadi kepenuhan Allah Tritunggal.
Seseorang hidup dari apa yang dia makan, dan apa yang dia makan itulah yang akan dia ekspresikan. Saudara saudari kekasih, “makanan” apakah yang Anda makan setiap hari? Siaran televisi, tabloid, hiburan duniawi, bukanlah makanan yang sehat bagi manusia batiniah kita. Seringkali kita temukan bahwa ekspresi negatif seseorang, khususnya pada anak-anak muda, ucapan maupun tindakannya betul-betul mirip dengan apa yang ada di televisi, tabloid, dan dunia hiburan lainnya. Mengapa? Sebab hal-hal itulah yang dia “makan” setiap hari. Kita benar-benar perlu mengganti “menu” makan kita!
Kita memerlukan Kristus yang terwujud di dalam firman sebagai makanan yang bergizi bagi roh kita. Semakin kita makan Dia, semakin kita mengekspresikan Dia. Inilah yang dimaksud Tuhan dengan perkataan, “Barangsiapa yang memakan Aku, akan hidup oleh Aku.” Jangan katakan tidak ada waktu. Kalau Anda ada waktu untuk makan makanan jasmani sebanyak tiga kali sehari, Anda pasti juga punya waktu untuk makan Dia setiap hari.

No comments: