Hitstat

25 June 2009

Yohanes Volume 3 - Minggu 3 Jumat

Pergilah, Dan Jangan Berbuat Dosa Lagi
Yohanes 8:11b-12a
Lalu kata Yesus: “Aku pun tidak menghukum engkau. Pergilah, dan jangan berbuat dosa lagi mulai dari sekarang.” Maka Yesus berkata pula kepada orang banyak, kata-Nya: “Akulah terang dunia;....”

Ayat Bacaan: Yoh. 8:11-12; 32, 36; 14:6

Setelah Tuhan berkata bahwa Dia pun tidak menghukum perempuan berdosa itu, Tuhan lalu membebaskan dia. Tuhan berkata, “Pergilah, dan jangan berbuat dosa lagi mulai dari sekarang.” Firman Tuhan ini menyiratkan bahwa Tuhan masih akan menyelamatkan dia dari dosa, supaya dia tidak berbuat dosa lagi. Sebab itu Tuhan Yesus selanjutnya mengatakan bahwa semua orang yang berdosa adalah budak (hamba) dosa, tidak bisa terlepas dari dosa, semuanya telah terbelenggu oleh dosa. Tetapi Dia bisa memerdekakan orang, supaya orang itu mendapatkan kemerdekaan yang sejati. Dia dapat melepaskan orang dari dosa, bisa menyelamatkan orang dari dosa, tidak lagi menjadi budak dosa, tidak lagi dikekang oleh dosa, tidak lagi dibelenggu oleh dosa, dan mendapatkan kemerdekaan yang sesungguhnya.
Bagaimana Tuhan Yesus membebaskan kita dari dosa? Bagaimana agar kita dapat tidak berbuat dosa lagi? Dia melakukannya dengan jalan masuk ke dalam kita sebagai terang hayat (Yoh. 8:12). Terang ini bukan di luar kita, tetapi di dalam kita. Ketika kita menerima Tuhan, Ia masuk ke dalam kita sebagai hayat kita guna menerangi batin kita. Secara bertahap, terang hayat yang tinggal di dalam kita membebaskan kita.
Kita dibebaskan dari dosa tidak saja oleh sinar terang hayat, tetapi juga oleh Putra sebagai realitas (Yoh. 8:32, 36). Realitas itu bukan apa yang disebut kebenaran teori, melainkan realitas kebenaran yakni Tuhan sendiri (Yoh. 14:6, 1:14, 17). Dalam Yohanes 8:32 disebutkan bahwa “kebenaran (realitas) itu akan memerdekakan kamu.” Dalam ayat 36 dikatakan pula, “Jadi, apabila Anak itu memerdekakan kamu, kamu pun benar-benar merdeka.”
Tuhan berkata, “Akulah terang dunia.” Untuk terlepas dari dosa, harus terlebih dulu terlepas dari kegelapan. Mengapa orang dunia tidak bisa terlepas dari dosa? Karena tidak memiliki terang. Kalau tidak memiliki terang, pasti berjalan dan hidup di dalam kegelapan. Sekarang Tuhan Yesus telah datang, Dia berkata, “Akulah terang dunia; siapa saja yang mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan” (Yoh. 8:12). Begitu terang hayat ini menerangi kita, kita segera keluar dari kegelapan, keluar dari dosa.

No comments: