Hitstat

03 September 2009

Yohanes Volume 6 - Minggu 1 Jumat

Memberitakan Tentang Hal-hal yang Akan Datang
Yohanes 16:13
Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.

Ayat Bacaan: Yoh. 16:13; 19; Mzm. 119:47; Yer. 15:16; Kis. 17:11

Kita telah nampak bahwa pekerjaan Roh dalam Yohanes 16 terbagi dalam 3 kategori: menginsyafkan dunia, memuliakan Putra melalui mewahyukan Dia dengan kepenuhan Bapa kepada kaum imani (memimpin kita ke dalam seluruh kebenaran) dan menyatakan perkara yang akan datang. Ketiga kategori catatan Yohanes bersangkutan dengan tiga ganda pekerjaan Roh. Keempat kitab Injil adalah untuk menginsyafkan dunia, Surat-surat para rasul adalah untuk mewahyukan Putra serta kepenuhan Bapa, dan kitab Wahyu adalah untuk menyatakan perkara yang akan terjadi kelak.
Jadi, kita telah nampak bahwa semua perkara yang dikerjakan Roh itu ada di dalam firman. Karena itu, kita perlu membayar harga untuk memasuki firman kebenaran dengan jalan menerima wahyu melalui Roh itu. Jika kita tidak memasuki firman kebenaran, maka kita tidak akan bisa memasuki seluruh realitas Kristus, bahkan kita tidak mengenal semua perkara yang akan datang. Setiap orang yang bersungguh-sungguh membaca Alkitab – memasuki firman kebenaran, mengakui bahwa tidak ada buku yang lain di dunia yang sempurna dan sejati seperti Alkitab. Tidak ada buku lain di dunia yang benar, jelas, dan riil seperti Alkitab. Apakah menyinggung perkara mengenai Allah atau manusia, asal usul langit dan bumi atau akhir segala sesuatu, makna kehidupan manusia atau cara untuk bertindak sebagai seorang manusia, mengenai perkara kehidupan ini atau hal-hal yang akan datang, Alkitab dengan jelas menyatakan semua perkara yang berhubungan dengan manusia. Alkitab sungguh-sungguh sempurna dan pasti. Alkitab sungguh benar, jelas, dan riil.
Keperluan kita hari ini adalah setiap pagi membaca firman Tuhan untuk membangunkan roh kita (Mzm. 119:47; Yer. 15:16). Kemudian setiap hari, kita perlu membaca beberapa pasal di dalam Alkitab, mempelajari kebenaran (Kis. 17:11). Praktek ini akan membuat kita memulai hari kita dengan dibangunkan dengan firman Allah, untuk mengalahkan si jahat sepanjang hari dengan firman Allah, dan untuk mengakhiri hari itu dengan firman Allah. Seluruh kehidupan Anda akan dibungkus oleh firman Allah. Pembicaraan Anda akan menjadi firman Allah. Betapa menakjubkannya kehidupan yang demikian.

No comments: