Hitstat

04 September 2009

Yohanes Volume 6 - Minggu 1 Sabtu

Putra dan Roh Beroleh Kemuliaan
Yohanes 16:14-15
Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterima-Nya dari Aku. Segala sesuatu yang Bapa miliki adalah milik-Ku; sebab itu Aku berkata: Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterima-Nya dari Aku.

Ayat Bacaan: Yoh. 16:14-15

Dalam Yohanes 16:14-15 Tuhan berkata “ Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari Aku.” Segala adanya Putra dan milik Putra telah diwahyukan sebagai realitas kepada kaum imani melalui Roh. Ia menjadikan segala adanya Kristus dan milik Kristus riil bagi kita. Hari ini yang kita perlukan bukanlah teori atau doktrin mengenai Bapa dan Putra. Yang kita perlukan hari ini adalah penerapan hidup tentang Bapa dan Putra dengan melalui Roh. Yang kita perlukan hari ini adalah segala apa adanya Kristus, segala yang telah Kristus rampungkan, dan segala milik Kristus menjadi riil di dalam kehidupan kita. Dengan jalan demikian maka Roh memuliakan Putra dengan mewahyukan Dia dengan segala kepenuhan Bapa.
Marilah kita mengambil contoh tentang rendah hati. Tiada seorang dilahirkan rendah hati. Orang keliru kalau mengatakan anak kecil rendah hati. Setiap anak kecil itu tinggi hati. Kita ini sombong sejak lahir dan bersifat sombong. Lagipula, kita sombong dalam kehidupan kita. Jadi, apakah rendah hati? Rendah hati ialah Kristus, Kristus ialah realitas setiap kebajikan manusia dan setiap sifat ilahi. Semua kebajikan manusia dan sifat ilahi semata-mata adalah Kristus sendiri. Ini bukan teori rendah hati melainkan Persona Kristus yang hidup diwahyukan kepada Anda sebagai rendah hati. Dengan spontan, suatu kehidupan rendah hati akan tertampak dari Anda. Itulah kemuliaan Kristus. Roh itu memuliakan Kristus secara demikian. Ia bukan melakukannya melalui mengajar Anda tentang Kristus sebagai rendah hati, melainkan dengan langsung mewahyukan Kristus sebagai rendah hati ke dalam Anda.
Pada akhirnya, setiap ciri-ciri Kristus akan diekspresikan dalam kehidupan gereja. Di sana tiada orang Yahudi, orang Yunani, Amerika, Inggris, Jepang, Tionghoa, Filipina, Indonesia, atau ekspresi lainnya; hanya ada ekspresi Kristus. Inilah apa artinya kita mengatakan bahwa Roh memuliakan Putra melalui mewahyukan Dia dalam kepenuhan Bapa kepada kaum imani. Kita semua perlu banyak mengalami hal ini, sebab ini akan memperkaya, memperkuat dan mempertinggi kehidupan gereja kita.

No comments: