Hitstat

01 September 2009

Yohanes Volume 6 - Minggu 1 Rabu

Pekerjaan Roh (3): Menginsafkan Dunia Akan Penghakiman
Yohanes16:8,11
Dan kalau Ia datang, Ia akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman; akan penghakiman, karena penguasa dunia ini telah dihukum.

Ayat Bacaan: Yoh. 16:11; Mat. 25:41

Dalam Yohanes 16:11, Tuhan mengatakan bahwa Roh akan menginsyafkan dunia “akan penghakiman, karena penguasa dunia ini telah dihukum.” Hukuman berkaitan dengan Iblis. Satan, Iblis ialah pencipta dosa, asal-mula kematian, bapa semua orang dosa dan penguasa dunia. Terhadap yang demikian, hukuman telah disediakan untuknya. Bukan maksud Allah untuk menghukum manusia, sebab hukuman-Nya adalah untuk Satan. Lautan api disediakan sebagai hukuman Allah atas Satan, tak pernah ditujukan untuk manusia. Dalam Matius 25:41 dikatakan, “Enyahlah dari hadapan-Ku, hai kamu orang-orang terkutuk, enyahlah ke dalam api yang kekal yang telah disediakan untuk Iblis dan malaikat-malaikatnya.” Api yang kekal disediakan untuk Satan, Iblis, malaikat-malaikatnya dan semua pengikutnya. Tetapi kalau Anda menolak keluar dari Adam dan masuk ke dalam Kristus, Anda akan beroleh bagian hukuman untuk Satan itu, sebab Anda lebih suka tetap sebagai salah satu di antara banyak pengikutnya.
Allah mengasihi dunia dan tidak bermaksud untuk melemparkan siapa pun ke dalam lautan api. Hukuman itu ditujukan untuk Iblis. Namun, terhadap siapa saja yang tetap bersekutu dengan Satan, Allah tiada pilihan lain, selain membiarkan dia menderita hukuman Satan. Kalau kita tidak mau dipindahkan dari Adam ke dalam Kristus, kita wajib diperingatkan bahwa kita akan beroleh bagian hukuman dengan Satan. Dengan perkataan lain, Anda dilahirkan dalam Adam, tetapi maksud Allah ialah mengeluarkan Anda dari Adam dan memindahkan Anda ke dalam Kristus.
Kalau Anda tidak setuju dengan maksud Allah, Anda wajib menetap dalam Adam dan beroleh bagian hukuman dengan Satan. Jadi, dosa diwariskan dari Adam, kebenaran berasal dari Kristus, dan hukuman adalah untuk Satan. Kalau Anda mau dipindahkan dari Adam ke dalam Kristus, Anda akan diselamatkan, dan tidak lagi menderita hukuman. Pekerjaan Roh Kudus melibatkan ketiga hal ini, dan setiap kali kita memberitakan Injil, kita harus memberitahu orang tentang Injil ini, yang melaluinya Roh Kudus menginsyafkan orang dosa untuk bertobat dan percaya dalam Tuhan Yesus agar diselamatkan. Haleluya!

No comments: