Hitstat

31 August 2009

Yohanes Volume 6 - Minggu 1 Selasa

Pekerjaan Roh (2): Menginsafkan Dunia Akan Kebenaran
Yohanes 16:8,10
Dan kalau Ia datang, Ia akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman; akan kebenaran, karena Aku pergi kepada Bapa dan kamu tidak melihat Aku lagi

Ayat Bacaan: Yoh. 16:10, Rm. 4:25; 10:9; Ibr. 2:14; Mat. 25:41

Dalam Yohanes 16:10, Tuhan berkata bahwa Roh akan menginsyafkan orang dunia “tentang kebenaran, karena Aku pergi kepada Bapa.” Ini berarti bahwa Bapa telah sepenuhnya dipuaskan dengan kematian penebusan Tuhan di atas salib dan telah menerima Dia dalam kebangkitan-Nya. Kalau orang dosa mau percaya dalam Kristus, Allah akan membenarkan mereka, sebab Kristus sendiri akan menjadi kebenaran mereka. Kita dibenarkan oleh kebangkitan-Nya. Ini dibuktikan dalam Roma 4:25 dan 10:9. Roma 4:25 mengatakan, “Yang telah diserahkan karena pelanggaran kita dan dibangkitkan untuk pembenaran kita.” Kemudian Roma 10:9 mengatakan, “Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka engkau akan diselamatkan.”
Kini Putra sebagai kebenaran diberikan kepada kaum beriman. Putra yang telah memuaskan Bapa dan telah diterima oleh-Nya, telah diberikan kepada kaum beriman-Nya sebagai kebenaran kita. Oleh karena Putra telah diberikan kepada kaum beriman sebagai kebenaran mereka, mereka dibenarkan di dalam Dia di hadapan Allah. Hanya di dalam Putra sebagai kebenaran kita, kita dibenarkan oleh Allah dan terbebas dari sumber dosa yaitu Iblis. Iblis adalah sumber dosa, tetapi Putra dalam daging telah memusnahkan Iblis di atas salib (Ibr. 2:14). Melalui percaya dalam Putra, kita bebas dari sumber dosa.
Dengan percaya dalam Kristus kita dipindahkan keluar dari Adam, masuk ke dalam Kristus. Namun kalau kita tidak percaya dalam Kristus, kita akan beroleh bagian hukuman atas Iblis itu. Janganlah bersimpatik kepada Iblis ataupun mengasihani dia. Jangan tetap berada dalam Adam, membantu Iblis menanggung hukuman. Kalau kita tidak bertobat akan dosa kita dalam Adam dan percaya dalam Kristus, Anak Allah, kita akan tinggal dalam dosa dan beroleh bagian hukuman Iblis sampai kekal (Mat. 25:41). Setiap kali kita memberitakan injil, kita harus memberitahu semua orang perkara ini. Seluruh umat manusia dilahirkan dalam Adam, tetapi setiap orang yang percaya dapat berpindah keluar dari Adam, masuk ke dalam Kristus.

No comments: