Hitstat

17 August 2009

Yohanes Volume 5 - Minggu 3 Selasa

Setiap Ranting Harus Berbuah
Yohanes 15:2
Setiap ranting pada-Ku yang tidak berbuah, dipotong-Nya dan setiap ranting yang berbuah, dibersihkan-Nya, supaya ia lebih banyak berbuah.

Ayat Bacaan: Yoh. 15:2; Yeh. 15:2-3; 1 Kor. 4:13

Apakah kegunaan pohon anggur? Pohon anggur dibudidayakan bukan untuk diambil bunganya, daunnya, atau batangnya. Bunga, daun, dan batang dari pohon anggur bahkan tidak cukup menarik untuk dipamerkan. Kita memang sering melihat pameran tanaman hias dengan bunganya yang indah, tapi kita tentu tidak pernah melihat orang memamerkan tanaman anggur yang berbunga. Mengapa? Sebab satu-satunya alasan orang membudidayakan pohon anggur adalah untuk mendapatkan buahnya.
Batang dari pohon anggur bahkan tidak baik untuk dijadikan bahan bangunan (Yeh. 15:2-3). Tidak ada alat-alat rumah tangga atau perabotan yang dibuat dari kayu pohon anggur. Juga tidak ada kayu pohon anggur yang dapat dibuat menjadi tiang, balok, papan, atau atap rumah. Anda tidak akan pernah melihat sebuah bangunan yang dibangun dengan bahan dari kayu pohon anggur. Pohon anggur hanya baik untuk berbuah, tidak untuk tujuan lain apa pun.
Yohanes 15:2 mengatakan, “Setiap ranting pada-Ku yang tidak berbuah, dipotong-Nya dan setiap ranting yang berbuah, dibersihkan-Nya, supaya ia lebih banyak berbuah.” Kristus adalah pokok anggur, dan kaum beriman (gereja) adalah ranting-ranting-Nya. Sebagai ranting-ranting Kristus, nasib kita adalah menghasilkan buah. Kita dilahirkan kembali untuk menghasilkan buah. Dalam pengertian yang sama, gereja ditentukan untuk berbuah.
Keberadaan kita sebagai ranting-ranting Kristus bukanlah untuk berbunga atau untuk menghasilkan bahan-bahan bagi pembangunan organisasi agama Kristen. Di atas muka bumi ini, kita hanya baik untuk berbuah. Paulus mengatakan bahwa terhadap dunia ini, ia telah menjadi sama dengan sampah dunia, sama dengan kotoran dari segala sesuatu (1 Kor. 4:13). Artinya, kegunaan Paulus sama sekali bukan untuk dunia ini, melainkan untuk menghasilkan buah bagi kemuliaan Allah Bapa. Dunia tidak layak mendapatkan kita.
Saudara saudari kekasih, berguna atau tidaknya kita bagi Kristus sangat tergantung apakah kita berbuah bagi-Nya atau tidak. Setiap ranting yang tidak berbuah akan dipotong-Nya, sebaliknya ranting yang berbuah akan dibersihkan-Nya agar lebih banyak berbuah. O, betapa seriusnya perkataan Tuhan ini!

No comments: