Hitstat

09 August 2009

Yohanes Volume 5 - Minggu 2 Senin

Seorang Penghibur di Dalam Kita
Yohanes 14:17
Yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.

Ayat Bacaan: Yoh. 14:16, 26

Ketika Tuhan bersama murid-murid, seorang Parakletos, seorang Penghibur, telah ada bersama mereka. Tetapi Parakletos ini telah hampir pergi. Dengan demikian, perlu parakletos yang lain, Penghibur yang lain, datang. Sebenarnya, Parakletos yang pertama dan Parakletos yang lain itu adalah satu. Sekarang, Penghibur yang lain itu ada di dalam kita sebagai Roh pemberi hayat, dan Seorang yang adalah Penghibur pertama, Tuhan Yesus Kristus, sekarang ada di dalam sorga di sebelah kanan Allah.
Kita dapat memakai listrik sebagai satu ilustrasi dari dua Penghibur ini. Di satu pihak, listrik ada di dalam pusat pembangkit listrik. Di pihak lain, listrik juga telah dialirkan ke dalam rumah-rumah kita. Oleh karena itu, kita dapat mengatakan, listrik itu ada dua ujung; ujung yang satu di pusat pembangkit listrik, dan ujung yang lain di dalam rumah-rumah kita. Seperti listrik mengalir dari pusat pembangkit ke rumah-rumah kita, demikianlah Penghibur, Tuhan Yesus, di dalam sorga, dan Penghibur yang lain, Roh pemberi hayat di dalam roh kita. Di sorga kita mempunyai Tuhan Yesus Kristus sebagai Penghibur kita, dan di dalam roh kita kita mempunyai Roh itu sebagai Penghibur yang lain. Akan tetapi, keduanya ini adalah satu. Untuk inilah, kata Parakletos digunakan untuk Penghibur di sorga dan Penghibur di dalam roh kita.
Penghibur adalah satu terjemahan yang tepat dari Parakletos di dalam Yohanes 14:16, karena di dalam ayat ini ada satu perasaan tertentu bahwa Penghibur ini datang untuk menghibur murid-murid dalam dukacita mereka karena Tuhan meninggalkan mereka. Tuhan telah mengatakan kepada murid-murid-Nya bahwa Dia akan pergi dan mereka disusahkan oleh ini. Oleh karena itu, Tuhan mengatakan bahwa mereka tidak perlu berdukacita, karena Dia akan memohon Bapa untuk mengirim kepada mereka Penghibur yang lain.
Karena kesusahan kita, diperlukan penghiburan, diperlukan seorang Parakletos di dalam Yohanes 14:26. Sebagai Penghibur yang demikian, Dia menolong kita, melayani kita, mempertahankan kita dan ikut serta dengan kita. Seorang semacam ini benar-benar adalah seorang Penghibur. Puji Tuhan, sebagai Parakletos kita, Dia selalu tersedia bagi kita!

No comments: