Hitstat

11 August 2009

Yohanes Volume 5 - Minggu 2 Rabu

Menjadi Tempat Tinggal Bersama
Yohanes 14:19-20
Tinggal sesaat lagi dan dunia tidak akan melihat Aku lagi, tetapi kamu melihat Aku, sebab Aku hidup dan kamupun akan hidup. Pada waktu itulah kamu akan tahu, bahwa Aku di dalam Bapa-Ku dan kamu di dalam Aku dan Aku di dalam kamu.

Ayat Bacaan: Yoh. 14:19-21; Ef. 4:6; Gal. 2:20; Kol. 1:27; 1 Yoh. 2:24

Allah Tritunggal ada di dalam kita. Efesus 4:6 memberitahu kita bahwa Bapa ada di dalam kita: “Satu Allah dan Bapa dari semua, Allah yang di atas semua... dan di dalam semua.” Putra juga ada di dalam kita, seperti diwahyukan oleh Galatia 2:20: “Kristus yang hidup di dalam aku,” dan Kolose 1:27: “Kristus ada di dalam kamu,....” Sebelum ketersaliban-Nya, Tuhan Yesus menunjukkan kepada murid-murid-Nya bahwa Roh itu akan berada di dalam mereka: “yaitu Roh realitas...akan diam di dalam kamu” (Yoh. 14:17, Tl.). Ayat-ayat ini dengan jelas menunjukkan bahwa Bapa, Putra, dan Roh itu semuanya berada di dalam kita.
Tuhan berdoa di dalam Yohanes 17:21, “Supaya mereka semua menjadi satu; sama seperti Engkau, ya Bapa, di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau, agar mereka juga di dalam Kita.” Satu Yohanes 2:24 berkata, “Kamu akan tetap tinggal di dalam Putra dan di dalam Bapa.” Ayat-ayat ini dengan jelas memperlihatkan kepada kita bahwa bukan hanya Bapa dan Putra saja yang saling huni; bahkan kita, kaum imani, juga saling huni dengan Allah Tritunggal. Allah dapat berada di dalam kita, dan kita dapat berada di dalam Allah. Kita saling huni dengan Allah Tritunggal. Kita bukan lagi orang-orang berdosa yang kasihan yang ditakdirkan untuk masuk neraka. Bukan! Kita telah bebas dari kutukan Allah yaitu kematian yang kekal, tetapi terlebih lagi, kita sekarang telah menjadi satu dengan Allah Tritunggal. Dia hidup di dalam kita dan kita hidup di dalam Dia (Yoh. 14:20). Puji Tuhan! Haleluya! Amin!
Allah senantiasa beserta dengan kita, bahkan hidup di dalam kita. Jadi apabila Anda dicobai oleh teman-teman Anda untuk pergi ke tempat-tempat yang tidak baik, atau untuk melakukan hal-hal yang berdosa, ingatlah bahwa Anda tidak sendirian. Apakah Anda pikir Allah mau pergi ke tempat-tempat itu atau melakukan hal-hal seperti itu? Tentu tidak. Pada saat-saat yang demikian, serulah nama Tuhan untuk mengaktifkan Allah Tritunggal di dalam Anda, lalu keluarlah dari pencobaan-pencobaan semacam itu. Hasilnya, Allah akan sangat senang di dalam Anda. Puji Tuhan! Betapa mengagumkannya hubungan yang kita miliki dengan Allah kita! Kita dan Allah kita, Saling huni!

No comments: