Hitstat

30 August 2009

Yohanes Volume 6 - Minggu 1 Senin

Pekerjaan Roh (1): Menginsafkan Dunia akan Dosa
Yohanes 16:8-9
Dan kalau Ia datang, Ia akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman; akan dosa, karena mereka tetap tidak percaya kepada-Ku;

Ayat Bacaan: Rm. 5:12; Yoh. 8:44, 26: 2:1; Why. 12:9; 20:2; 1 Yoh. 3:10; Mat. 23:33; 3:7

Menurut Yohanes pasal 16, pekerjaan Roh mencakup tiga hal: menginsyafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman. Dosa dihubungkan dengan Adam, sebab melalui Adam dosa masuk ke dalam manusia (Rm. 5:12). Kita dilahirkan berdosa dalam Adam. Sumber dosa ialah Iblis. Dalam Yohanes 8:44 Tuhan berkata kepada orang-orang Farisi, “Kamu berasal dari bapamu, yaitu Iblis, dan kamu ingin melakukan keinginan-keinginan bapamu. Ia adalah pembunuh manusia sejak semula dan tidak hidup dalam kebenaran...” Kita semua dilahirkan dari Iblis, ular tua itu (Yoh. 8:44, Why. 12:9). Karena Iblis adalah bapa dari semua orang berdosa, maka semua orang berdosa disebut “anak-anak Iblis” (1 Yoh. 3:10), juga disebut “ular, keturunan ular beludak” (Mat. 23:33, 3:7).
Kita tak perlu berbuat dosa untuk menjadi orang dosa, sebab kita telah dilahirkan sebagai orang dosa. Kita telah menjadi orang dosa selama enam ribu tahun. Walau sebagai manusia, Anda mungkin hanya berusia dua puluh tahun, namun sebagai orang dosa, Anda sudah berusia enam ribu tahun. Sebab kita semua terlahir dalam dosa dalam Adam, kita semua terlahir terkutuk (Yoh. 3:18). Ketika Adam terkutuk enam ribu tahun yang lalu, kita pun terkutuk di dalamnya. Oleh karena kita di bawah budak dosa, apa yang dapat kita lakukan? Di luar Kristus, tiada jalan melarikan diri. Kristus ialah jalan kita, satu-satunya pelarian kita. Jalan satu-satunya untuk bebas dari dosa ialah percaya dalam Putra (Yoh. 8:24, 36, 3:15-17). Kepercayaan ini mengakibatkan pemindahan dari Adam ke dalam Kristus. Ini sangat ajaib dan indah.
Kalau Anda tidak percaya ke dalam Tuhan Yesus, Anda sudah bersyarat binasa. Anda tak perlu merampok sebuah bank, menipu suami Anda atau berbohong kepada orang tua Anda. Asalkan Anda tidak percaya dalam Tuhan Yesus, Anda sudah ditakdirkan binasa. Jalan terbaik untuk diselamatkan dari situasi dosa Anda ialah percaya ke dalam Tuhan. Satu-satunya dosa yang membuat Anda bersyarat binasa ialah tidak percaya dalam-Nya. Sebab itu, kuncinya hari ini adalah kita percaya atau tidak. Kalau kita percaya, kita akan berpindah keluar dari Adam ke dalam Kristus.

No comments: