Hitstat

20 August 2009

Yohanes Volume 5 - Minggu 3 Jumat

Membiarkan Firman-Nya Tinggal di Dalam Kita
Yohanes 15:7
Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya.

Ayat Bacaan: Yoh. 15:7; Kol. 3:16; Ef. 3:8

Karena kita tinggal di dalam Tuhan, kita harus membiarkan firman-Nya tinggal di dalam kita (Yoh. 15:7). Terjemahan kata “firman” dalam bahasa Yunani adalah rhema, berarti firman yang berbicara secara langsung dan pada waktu sekarang. Membiarkan firman Tuhan yang berbicara ini tinggal di dalam kita, akan menimbulkan banyak permintaan, dan permintaan ini berkaitan dengan Sang Putra yang ingin memperluas tempat tinggal-Nya di dalam kita. Selama Dia tinggal di dalam kita, Dia selalu berbicara.
Perkataan Tuhan yang seketika di dalam kita adalah rhema. Menurut pengalaman kita, kebanyakan Tuhan mengucapkan satu kata kepada kita, yaitu “tidak”. Setiap kali Tuhan berbicara kepada kita, kita harus mendengarnya dan menerimanya. Jika kita tidak menaati firman yang berbicara, kita akan segera terputus dari persekutuan. Tetapi jika kita melakukan firman-Nya, kita akan menikmati segala kelimpahan dan kepenuhan hayat-Nya, sehingga kita mempunyai hayat yang berlimpah untuk berbuah.
Masalah gereja hari ini adalah: gereja kekurangan firman Allah yang hidup; sebaliknya hanya ada doktrin-doktrin yang mati. Benar-benar ada kekurangan yang nyata dalam hal komunikasi langsung dari Allah, hanya ada khotbah manusia. Betapa sayangnya bahwa begitu banyak orang telah mati di bawah doktrin-doktrin yang bagus! Semoga Allah membelaskasihani kita, memberi kita rhema, perkataan yang langsung Allah katakan kepada kita hari ini. Hanya jika kita memiliki rhema, kita dapat maju dan memiliki firman hidup untuk menyuplai orang lain dan menghasilkan buah.
Kita harus membiarkan perkataan Kristus tinggal di dalam kita, mendiami kita, atau berumah dalam kita (Kol. 3:16). Kata Yunani yang diterjemahkan “tinggal” berarti berada di dalam rumah, bersemayam, atau berhuni. Perkataan Tuhan haruslah mempunyai tempat yang cukup lapang di dalam kita agar dapat beroperasi dan menyuplaikan kekayaan Kristus. Kekayaan Kristus sesungguhnya ada di dalam firman-Nya (Ef. 3:8). Sebab itu, kalau kita ingin berbuah, kita harus menikmati firman, dipenuhi dengan firman, dan belajar menuruti firman Tuhan yang hidup di dalam kita.

No comments: