Hitstat

03 August 2009

Yohanes Volume 5 - Minggu 1 Selasa

Aku Pergi dan Menyediakan Tempat Bagimu
Yohanes14:3
Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamupun berada.

Ayat Bacaan: Yoh. 14:3, 10-11; 17:12; 1 Tim. 3:15; Ef. 2:21

Kediaman sejati kaum beriman adalah di dalam Allah Bapa. Menurut pengertian yang agamis dan tradisional, Yohanes 14 membicarakan tentang wisma surgawi. Tetapi Yohanes 14 sebenarnya tidak membicarakan wisma surgawi, melainkan membicarakan tempat tinggal di dalam satu persona ilahi, yaitu di dalam Allah Bapa.
Tuhan Yesus ada di dalam Bapa (Yoh. 14:10-11). Dia ingin murid-murid-Nya juga berada di dalam Bapa (Yoh. 17:12). Melalui kematian dan kebangkitan-Nya, Dia membawa murid-murid-Nya ke dalam diri-Nya. Karena Dia ada di dalam Bapa, maka murid-murid yang berada di dalam Dia juga berada di dalam Bapa. Jadi, di mana Tuhan Yesus berada, di sana pula murid-murid berada. Di manakah Tuhan Yesus? Ia ada di dalam Bapa. Jadi, bila kita berada di tempat Dia berada, berarti kita juga ada di dalam Bapa.
Ada orang yang percaya bahwa Yohanes 14:2-3 membicarakan Tuhan sedang membangun sebuah wisma surgawi, dan setelah selesai membangun wisma ini, Dia akan datang kembali. Ini sungguh takhayul. Ada pula beberapa orang yang membicarakan wisma surgawi ini berkata, “Wisma surgawi ini sungguh hebat! Tuhan Yesus sudah membangunnya selama 2.000 tahun lebih masih belum rampung juga. Setelah Dia menyediakan tempat untuk kita, Dia akan datang kembali dan membawa kita ke tempat-Nya.” Sungguh menggelikan.
Kepergian Tuhan melalui kematian dan kedatangan-Nya kembali dalam kebangkitan adalah untuk menyediakan tempat bagi kita di dalam Tubuh-Nya yang misteri. Pada mulanya, tubuh Kristus hanyalah tubuh individu, tetapi melalui kematian dan kebangkitan-Nya, tubuh Kristus ini diperbesar menjadi Tubuh korporat-Nya, yaitu gereja, rumah Allah (1 Tim. 3:15), bait Allah (Ef. 2:21). Pernahkah Anda menyadari, ketika Anda percaya ke dalam Allah, Anda pun serta merta masuk ke dalam gereja yang adalah Tubuh Kristus? Menjadi anggota Tubuh Kristus dan tinggal di dalam Bapa jauh lebih berharga daripada sekedar mendapatkan sebuah wisma di surga. Kristus adalah Allah yang tidak terbatas, yang memenuhi semua dan di dalam segala sesuatu. Melalui tinggal di dalam-Nya, kita menjadi kepenuhan-Nya, bagi ekspresi-Nya yang sempurna.

No comments: