Hitstat

23 August 2009

Yohanes Volume 5 - Minggu 4 Senin

Dipilih dan Ditetapkan Untuk Pergi dan Berbuah (1)
Yohanes 15:16
Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap, …

Ayat Bacaan: Yoh. 15:16; Mat. 28:19

Kita telah dipilih dan ditetapkan untuk pergi dan menghasilkan buah yang tetap. Dalam Yohanes 15:16, Tuhan berkata: “Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap, supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku diberikan-Nya kepadamu.” Ayat yang sama dalam Alkitab versi King James (KJV) tidak memakai kata “ditetapkan” melainkan kata “ditakdirkan” (ordained). Kita memang telah ditakdirkan; ditakdirkan berarti telah ditetapkan. Kita semua harus mengetahui bahwa kita telah ditakdirkan untuk berbuah. Janganlah mengajukan alasan apapun. Tidak peduli bagaimana keadaan kita saat ini, kita telah dipilih dan ditakdirkan untuk menghasilkan buah-buah yang tetap.
Untuk menghasilkan buah, pertama-tama kita perlu jelas bahwa jika kita telah diselamatkan oleh Tuhan, kita juga telah diperintah oleh Tuhan. Perintah-Nya yang pertama kepada kita adalah “Pergi” (Yoh. 15:16; Mat. 28:19). Tuhan menyuruh kita untuk “pergi dan menghasilkan buah.” Untuk melaksanakannya, kita perlu pergi mengontaki orang berdosa. Tuhan tidak memilih kita tanpa tujuan. Pemilihan-Nya adalah untuk pengutusan-Nya. Dia mengutus kita untuk tiga hal: pertama, kita harus pergi; kedua, kita harus menghasilkan buah; dan ketiga, buah kita harus tetap. Dalam hal ini, kita tidak ada pilihan; Tuhan menuntut kita agar kita menerima pengutusan-Nya.
Mungkin ada orang yang berpikir, “Memberitakan Injil memang baik, tetapi Tuhan tidak memberikan beban itu kepadaku. Jika Tuhan menginginkan aku pergi, Dia pasti memberi beban kepadaku.” Kita mungkin tidak mengatakan hal ini, tetapi ini mungkin ada di dalam hati kita. Suatu hari, ketika kita berdiri di depan takhta penghakiman Kristus, kita harus memberikan perhitungan atas apa yang telah kita lakukan. Jika kita tidak setia, kita harus memberi tahu Tuhan mengapa kita tidak berbuah, dan Tuhan akan mencela kita. Dia mungkin akan mengingatkan kita dengan firman-Nya dalam Yohanes 15:16 ini, dan bertanya mengapa kita tidak menuruti perintah-Nya untuk berbuah. Ketahuilah, tidak menuruti perintah Tuhan adalah perkara yang sangat serius!

No comments: