Hitstat

06 June 2012

Galatia - Minggu 8 Rabu


Pembacaan Alkitab: Gal. 3:13-14


Kita telah menerima Roh itu melalui iman. Ketika kita mulai mengapresiasi Tuhan Yesus dan percaya kepada-Nya, kita menerima Roh itu. Dalam penerimaan Roh ini, penyataan karunia-karunia atau bahasa lidah tidak ada kedudukan, sebab kita menerima Roh itu melalui mendengarkan tentang iman.

Saya ingin memberi tahu Anda kisah pribadi saya. Saya dilahirkan dalam kekristenan yang terorganisir. Setelah saya beroleh selamat, saya mulai mencintai Alkitab. Selama tahun-tahun mengikuti kaum Brethren (Saudara), saya beroleh banyak pengetahuan Alkitab. Pada akhirnya, saya berjumpa dengan Saudara Watchman Nee, seorang yang mengenal hayat batiniah dan gereja. Ia membantu saya mengalami hayat batiniah serta kehidupan gereja. Pada tahun 1936, bersama orang-orang lain saya mulai menuntut apa yang disebut pengalaman "Pentakosta", terutama berbahasa lidah. Dalam sejangka waktu, saya sangat berani dan kuat dalam hal itu. Namun lambat laun saya menyadari, tidak ada sesuatu yang dapat dibandingkan dengan pengalaman hayat batiniah dalam kehidupan gereja, karena itu, kemudian saya meninggalkan hal-hal Pentakosta itu. Dengan spontan saya melepaskan hal-hal itu karena menyukai menikmati hayat hatiniah dalam kehidupan gereja. Kita tidak menerima faedah apa-apa dari hal-hal Pentakosta itu. Sebaliknya, hal-hal itu malah hanya menimbulkan masalah.

Sebagai Roh pemberi-hayat almuhit, Allah Tritunggal yang telah melalui proses mengilhami hamba-hamba-Nya untuk memberitakan perkataan indah Injil. Ketika orang mendengar perkataan indah ini, dengan spontan timbul suatu apresiasi terhadap Tuhan Yesus dalam batin mereka. Mereka juga mengapresiasi penebusan, hayat kekal Kristus, dan pengampunan dosa yang mustika itu. Dari apresiasi mereka ini timbullah seruan kepada Tuhan, dan karenanya mereka menerima Roh itu sebagai berkat Injil Allah yang melimpah. Pengalaman dan ekspresinya mungkin berbeda, tetapi kita semua sama dalam hal menerima Roh itu. Tak peduli dengan cara bagaimana kita dibawa kepada Tuhan, kita semua telah menerima Roh itu sebagai berkat Injil melalui mendengarkan tentang iman.

Dalam ekonomi Perjanjian Baru Allah, prinsip mendengarkan tentang iman menggantikan hukum Taurat. Karena iman, kita dibawa ke dalam kesatuan organik dengan Allah Tritunggal. Jika kita tidak diganggu oleh agama serta ajaran-ajarannya, sekarang ini, kesatuan organik ini sudah berkembang dengan sepenuhnya. Hari ini, dalam pemulihan-Nya, Tuhan terus mengembangkan kesatuan organik ini, dan Dia akan membuatnya berkembang terus hingga puncaknya. Semakin kesatuan ini berkembang, kita semakin menikmati totalitas berkat Injil.

Roh yang telah kita terima sebagai berkat Injil adalah Roh almuhit yang majemuk yang dilambangkan oleh minyak urapan majemuk dalam Keluaran 30:23-25. Rempahrempah yang dicampur dengan minyak zaitun untuk memproduksi minyak urapan ini melambangkan campuran sifat insani, kematian, dan kebangkitan Kristus dengan Roh Allah untuk memproduksi Roh almuhit. Roh ini adalah suplai yang limpah lengkap bagi orang-orang yang percaya dalam ekonomi Perjanjian Baru Allah (Gal. 3:5; Flp. 1:19). Melalui iman kita telah menerima Roh ini sebagai berkat Injil yang dijanjikan Allah kepada Abraham. Sebagai Allah Tritunggal yang telah melalui proses, Roh itu merupakan realisasi Kristus yang almuhit sebagai tanah permai. Inilah Roh yang adalah totalitas berkat Injil.


Sumber: Pelajaran-Hayat Galatia, Buku 1, Berita 15

No comments: