Hitstat

03 July 2013

Efesus - Minggu 41 Rabu


Pembacaan Alkitab: Yoh. 1:16


Dalam Efesus 4:13 Paulus mengatakan, “sampai kita semua telah mencapai kesatuan iman dan pengetahuan yang benar tentang Anak Allah, (mencapai) kedewasaan penuh, dan (mencapai) tingkat pertumbuhan (ukuran perawakan) yang sesuai dengan kepenuhan Kristus.” Menurut ayat ini, kita perlu mencapai tiga hal: kesatuan iman dan pengetahuan yang benar tentang Anak Allah; kedewasaan penuh; dan ukuran perawakan kepenuhan Kristus. Kepenuhan Kristus, yakni Tubuh, mempunyai satu perawakan, karena Paulus mengatakan perawakan kepenuhan Kristus. Perawakan kepenuhan Kristus sama dengan perawakan Tubuh Kristus. Pasal 1 mewahyukan bahwa Tubuh Kristus ialah kepenuhan Kristus, dan pasal 4 menerangkan bahwa kepenuhan Kristus mempunyai satu perawakan. Karena itu, perawakan kepenuhan Kristus ialah perawakan Tubuh Kristus.

Gereja adalah Tubuh Kristus, kepenuhan yang bertumbuh di batin kita dari hari ke hari. Sangat penting sekali kita semua nampak bahwa gereja merupakan organisme yang berasal dari Kristus. Segala perkara yang bukan berasal dari Kristus tidak dapat menjadi bagian gereja. Tidak peduli betapa disiplin, teratur, atau baiknya diri kita, tidak ada satu pun dari semuanya itu yang dapat menjadi bagian gereja, jika tidak berasal dari Kristus. Pengaturan diri, pengekangan diri, dan perbaikan diri mungkin menghasilkan suatu masyarakat yang baik, tetapi tidak mungkin menghasilkan gereja. Ditinjau dari Tubuh Kristus, tidak ada suatu pun yang kita miliki pada diri kita sendiri yang ada artinya. Sehubungan dengan Tubuh, maka kebaikan-kebaikan alamiah tidak ada faedahnya. Entah kita baik atau buruk, kita tetap memerlukan Kristus. Mereka yang jahat tentu perlu Kristus, tetapi mereka yang sangat baik pun memerlukan Kristus. Tidak peduli apa jenis watak kita, manusia alamiah kita perlu ditelan bahkan dihabiskan oleh Kristus yang berhuni di batin. Kemudian barulah kita akan menjadi Tubuh Kristus, kepenuhan-Nya secara riil.

Yohanes 1:16 mengatakan, “Karena dari kepenuhan-Nya kita semua telah menerima anugerah demi anugerah.” Yang penting bukanlah kita mempelajari Kristus atau meniru Kristus, melainkan menerima kepenuhan-Nya. Kristus demikian kaya sehingga Ia mempunyai suatu keluapan yang disebut kepenuhan. Dari kepenuhan ini kita semua dapat menerima anugerah demi anugerah. Jika kita dari hari ke hari menerima kepenuhan-Nya, akhirnya kita akan menjadi kepenuhan-Nya, karena kita akan disusun dengan apa yang kita terima. Hal ini berarti semakin kita menerima kepenuhan-Nya, kita akan semakin tersusun oleh kepenuhan-Nya dan menjadi kepenuhan-Nya pula. Jika kita nampak hal ini, kita akan berkata, “Tuhan, tolonglah aku dari setiap hal yang bukan kepenuhan-Mu. Tuhan, aku ingin membayar harga apa pun untuk menikmati-Mu dan mengambil bagian atas kepenuhan-Mu.” Semoga Tuhan membelaskasihani kita agar kita mengalami Dia dari hari ke hari, menikmati Dia, dan karenanya kita menjadi gereja, yang merupakan kepenuhan-Nya, keluapan-Nya.


Sumber: Pelajaran-Hayat Efesus, Buku 4, Berita 82

No comments: